Home / Berita / Perum Perindo Segera Resmikan Pabrik Pakan Ikan dan Pakan Udang

Perum Perindo Segera Resmikan Pabrik Pakan Ikan dan Pakan Udang

Pabrik pakan ikan dan pakan udang Perum Perindo segera diresmikan dalam waktu dekat.  Perum Perindo telah melaksanakan commissioning test atau pengecekan mesin sebelum proses launching bulan depan di Sukamandi, Subang, Jawa Barat.

Commissioning test dilakukan pada 20 Juni 2019. Tujuannya untuk mengetahui apakah kapasitas sudah sesuai dengan teori mesin yang dibeli, yakni 6 ton/jam. Selain itu, commissioning test berguna untuk mengecek apakah pakan yang dihasilkan sudah memenuhi standar mutu fisik.

Berdirinya pabrik pakan ikan dan pakan udang Perum Perindo di Subang merupakan wujud kepedulian pemerintah dalam membantu petambak dan petani ikan. Selama ini, bidang pakan murni dikuasai oleh sektor swasta. Padahal pakan memiliki peran penting dengan menguasai 80% dari biaya budidaya ikan maupun udang.

Oleh sebab itu, Perum Perindo membangun pabrik pakan dengan kapasitas produksi 72.000 ton. Rinciannya yakni kapasitas pakan ikan 36.000 ton dan pakan udang 36.000 ton.

Pabrik pakan ikan dan pakan udang Perum Perindo ini dibangun dengan dana Penyertaan Modal Negara (PMN) sebesar Rp165 miliar. Hal ini menjadikan pabrik pakan ikan dan pakan udang Perum Perindo merupakan satu-satunya pabrik pakan yang berbendera Indonesia. Pasalnya, pabrik pakan yang selama ini berdiri di Indonesia merupakan hasil investasi asing dari perusahaan pakan luar negeri.

Sumber Perum Perindo, edit koranbumn

Check Also

PLN Miliki 50 Turunan Usaha, Plt Dirut Sripeni Inten Cahyani Siap Rampingkan Jika Diminta Menteri Erick Thohir

Pelaksana tugas Direktur Utama Perusahaan Listrik Negara (PLN), Sripeni Inten Cahyani, mengaku siap merampingkan perusahaan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *