Home / Berita / Pile Head Sebagai Bagian Proses Pengerjaan Proyek Tol KLBM

Pile Head Sebagai Bagian Proses Pengerjaan Proyek Tol KLBM

Setelah tahap pemasangan tiang pancang pada Proyek Tol KLBM, proses selanjutnya yaitu pembuatan pile head.

Ada 2 tipe pile head yang dikerjakan yaitu tipe move (hanya menahan beban aksial) dan end (menahan beban aksial dan lateral). Jarak antara satu pile head dan yang lainnya maksimal 7,5 meter.

Dimulai dengan melakukan cut of pile (COP) sesuai marking elevasi pada tiang pancang. Kemudian dipasang clamp (pengikat) di tiang pancang sebagai tumpuan bekisting pile head.Clamp ini akan menahan beban selama proses pembesian dan pengecoran pile head. Kemudian diatas clamp disusun balok-balok baja sebagai platform cor pile head. .

Setelah platform jadi, selanjutnya adalah proses instalasi besi yang sudah dibentuk di workshop, untuk kemudian dapat dilakukan pemasangan bekisting samping dan dikencangkan dengan tie rod. .

Pengecoran bisa dilaksanakan setelah dilakukan checklist mutu antara konsultan dan kontraktor. Pengecoran dilakukan dengan bantuan concrete pump.

Beton yang digunakan memiliki mutu K350. Curing (perawatan) beton dilakukan dengan cara penyiraman air atau menutup permukaan cor dengan plastik cor/karung goni.

Sumber In WaskitaBetonPrecast

Check Also

Pesan Presiden Jokowi ke Erick Thohir, “BUMN Ekspansi ke Pasar Modal”

Presiden Joko Widodo punya pesan khusus untuk menteri baru yang menangani Badan Usaha Milik Negara …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *