Home / Berita / PLN Gandeng TU Wien Universitat-ITB, Siap Cetak Generasi Melek IT dan Big Data

PLN Gandeng TU Wien Universitat-ITB, Siap Cetak Generasi Melek IT dan Big Data

Inovasi merupakan suatu hal mutlak dan keharusan untuk bertahan dalam menghadapi revolusi industri yang secara fundamental akan selalu terus berubah mengikuti zaman, termasuk didalamnya meningkatkan sumber daya manusia.

Melihat hal itu PLN berupaya untuk mengembangkan potensi talenta terbaiknya untuk meningkatkan kemampuan big data dan AI. Hal ini dituangkan dalam joint master dimana pegawai tugas belajar dari PLN ikut dalam program antara ITB dan TU Wien yang memprioritaskan pembelajaran terkait IT, khususnya Big Data Analisis.

“Membangun pondasi IT yang cerdas dan proses IT yang efektif untuk bersaing dalam era digital 4.0 adalah tantangan ke depan yang harus kami jawab,” ungkap Direktur Human Capital Management PLN, Muhamad Ali. .

Untuk itulah perkuatan fondasi menjadi sangat penting, tidak hanya untuk mendapatkan wawasan tentang teknologi digital terbaru, tetapi juga menemukan cara bagaimana tetap relevan dalam memimpin persaingan di era revolusi industri 4.0 ini.

Untuk itulah kerjasama antara ITB, TU Wien dan PLN dilakukan dengan harapan bisa mengembangkan sumber daya manusia melalui pendidikan bidang IT, khususnya terkait big data analysis dalam bentuk internship, master program, double degree program dan penelitian bersama ITB.

“Untuk kerjasama ini perlu kita cari partner yg bereputasi tinggi. Itu sebabnya kami memilih Vienna Univ of Tech (TU Wien) di Austria, karena TU Wien mempunyai reputasi Ranking dunia yang baik, khususnya computer science termasuk bidang big data,” imbuh Muhamad Ali.

Joint research ini dihadiri oleh Dewan Komisaris PLN Budiman, Direktur Human Capital Management PLN Muhamad Ali, Wakil rektor ITB Bambang Riyanto, Dekan Fakultas Elektro dan Informasi ITB Nana Rachmana, Wakil Rektor Bidang Humas, Alumni dan International UGM Doktor Paripurna Poerwoko.

Dari TU Wien, delegasi diterima oleh Prof A Min Tjoa, mengungkapkan kerjasama ini adalah langkah awal untuk membangun kerjasama jangka panjang antara PLN dan ITB.

Sumber PLN, edit koranbumn

Check Also

Digitalisasi Pembayaran, BNI Fasilitasi Hak Tanggungan Secara Online

Kini proses pengurusan Hak Tanggungan dapat dilakukan secara online. Kemudahan proses tersebut dibarengi dengan digitalisasi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *