Home / Berita / PLN Telah Tuntaskan Pembangunan Tol Listrik Sumatera

PLN Telah Tuntaskan Pembangunan Tol Listrik Sumatera

PLN telah menuntaskan pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan yang dikenal dengan Tol Listrik Sumatera, berupa Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 275 kilo Volt (kV) yang menjadi back bone penyaluran energi listrik dari Sistem Sumatera Bagian Selatan menuju Sumatera Bagian Utara atau sebaliknya sepanjang 2.834 kms. .

Dengan adanya tol listrik Sumatera 275 kV, maka kehandalan listrik Sumatera akan semakin meningkat dan bisa menurunkan biaya pokok produksi listrik di Sumatera Bagian Utara sebesar 60 Rp/kWh.
.
Tol Listrik 275 kV ini mampu mengevakuasi daya hingga 350 MW dari Sumatera bagian Selatan yang kaya akan PLTU Mulut Tambang hingga ke Sumatera Bagian Utara. .

Hal ini menjadi tonggak sejarah baru Sistem Kelistrikan di Indonesia mengingat ini pertama kali SUTT 275 kV beroperasi dari Sumsel hingga ke Sumut yg nantinya juga akan berlanjut ke Aceh dan Lampung.

Manfaat dari Tol Listrik Sumatera ini adalah untuk mengevakuasi daya listrik murah yang dihasilkan oleh pembangkit mulut tambang di Sumatera Selatan menuju ke utara Sumatera yg nantinya akan menurunkan biaya pokok produksi (BPP) listrik di Sumatera juga meningkat kan kehandalan karena sudah ter interkoneksi nya listrik dari Selatan hingga Utara Sumatera.

Dengan listrik yg handal diharapkan dapat menarik investor sehingga bisa mendorong tumbuhnya industri menengah dan besar disetiap provinsi , PLN selalu siap melayani kawasan – kawasan industri yang membutuhkan daya listrik yang besar sesuai lokasi yang ditetapkan oleh Pemda setempat.

Kedepan SUTT 275 kV akan terus dikembangkan ke arah utara sampai Aceh, sementara untuk jalur Pangkalan Susu – Arun –Sigli – Aceh baru dalam tahap konstruksi. Sedangkan untuk arah selatan sampai Lampung sedang dibangun SUTT 275 kV yang akan melewati Lahat –Muara Enim – Gumawang – Lampung. .

Rampungnya pengerjaan tol listrik tidak terlepas dari bantuan seluruh stake holder terutama masyarakat dan Pimpinan daerah di Sumatera. .

Sumber PLN, edit koranbumn

Check Also

Perampingan Tujuh Deputi, Muncul Tiga Deputi Baru di Kementerian BUMN

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir melakukan perampingan struktur organisasi kementerian dengan memberhentikan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *