Home / Berita / PLN UIW NTT Selesaikan 100% Pemadanan Data TNP2K untuk Pastikan Subsidi Listrik Tepat Sasaran

PLN UIW NTT Selesaikan 100% Pemadanan Data TNP2K untuk Pastikan Subsidi Listrik Tepat Sasaran

Guna memastikan subsidi listrik diberikan secara tepat sasaran, PLN Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Timur (UIW NTT) melakukan pemadanan Data Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) sebanyak 3 kali, yaitu pada 2016, 2017 dan 2019.

Pada 15 Maret 2019, PLN UIW NTT berhasil menyelesaikan 100% pemadanan data atau sebanyak 43.113 pelanggan. Pasukan Transaksi Energi dan hampir seluruh pegawai PLN UIW NTT turut membantu pelaksanaan survey.

Pada proses pemadanan data TNP2K, PLN bertugas mencocokan data BDT (Basis Data Terpadu) dengan IDPEL PLN. Hal ini bertujuan memastikan bahwa rumah tangga penerima subsidi benar–benar berhak menerima sesuai data terpadu.

“Pemadanan ini juga dilakukan dalam rangka pemuktahiran (updating) data terpadu oleh Kemensos dan TNP2K,” ungkap General Manager PLN Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Timur Ignatius Rendroyoko.

Rendroyoko menambahkan, saat ini PLN menggunakan data terpadu yang tercantum dalam Surat Keputusan Menteri Sosial Nomor 32 Tahun 2016, selanjutnya akan diperbarui menjadi data terpadu Surat Keputusan Menteri Sosial Nomor 71 Tahun 2018.

Proses pemadanan data sendiri dimulai dengan survei pertama tahap pemilahan data, di mana dilakukan pemilahan wilayah, mulai dari provinsi, kabupaten, kecamatan sampai desa. Pemilahan provinsi dilakukan oleh Unit Induk, untuk kabupaten oleh Unit Pelaksanan Pelayanan Pelanggan (UP3) dan untuk kecamatan dan desa dilakukan oleh Unit Layanan Pelanggan (ULP). Pemilahan ini bertujuan memastikan wilayah tersebut masuk dalam Unit masing-masing. Setelah pemilahan, Unit wajib mencetak dan menandatangani Berita Acara Pemilahan Data.

Tahapan selanjutnya adalah pencetakan data, yakni formulir survei yang dibawa ke lokasi. Proses pencetakan dilakukan di ULP, per lokasi (Desa), dan kemudian diberikan ke petugas dengan dilengkapi Berita Acara Serah Terima. Setelah dicetak dan diserahkan ke petugas, tahap selanjutnya adalah pelaksanaan survei. Petugas datang ke lokasi sesuai alamat dan mendata sesuai dengan isi formulir.

“Sampai dengan 15 Maret 2019, seluruh ULP di bawah PLN Wilayah Nusa Tenggara Timur sudah menyelesaikan survei TNP2K, sehingga target yang diberikan dapat tercapai secara jumlah dan waktu. Selanjutnya akan dilakukan sampling backcheck dari PLN Pusat untuk memastikan data yang di-input sudah sesuai. Terima kasih kepada semua Tim TNP2K 2019 PLN NTT, dari Unit Induk, UP3 dan ULP atas kerja kerasnya, sehingga pekerjaan mulia ini dapat diselesaikan dengan baik dan tepat waktu,” tutup Senior Manager Pemasaran dan PP (Pelayanan Pelanggan) UIW NTT Andhoko Soeyono.

sumber PLN, edit koranbumn

Check Also

Dukung Industri Smelter di Sulawesi, PLN Siapkan Investasi Rp137 Triliun

PT PLN (Persero) menyiapkan investasi sekitar Rp137 triliun untuk mengembangkan pembangkit, jaringan transmisi, gardu induk, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *