Home / Berita / Pos Indonesia Kerjasama Tangani Kiriman Balai Pustaka

Pos Indonesia Kerjasama Tangani Kiriman Balai Pustaka

PT Pos Indonesia (Persero) dan PT Balai Pustaka (Persero) menjalin sinergi tentang penanganan kiriman Balai Pustaka. Langkah ini ditandai dengan penandatanganan kerja sama dilakukan oleh Dirutpos Gilarsi W. Setijono dan Direktur Utama Balai Pustaka Achmad Fachrodji di Gedung Pos Ibukota – Jakarta.

Balai Pustaka memiliki misi sosial, yaitu membantu masyarakat untuk memperoleh bahan bacaan bermutu, sementara Pos Indonesia mempuntai ketersebaran jaringan yang luas serta berbagai program yang berhubungan dengan literasi.
“Hal tersebut yang menjadikan sinergi Pos Indonesia dan Balai Pustaka terwujud,” kata Gilarsi. Ia mengharapkan, sinergi ini dapat membantu program literasi nasional serta turut mencerdaskan bangsa melalui membaca.

Balai Pustaka adalah sebuah perusahaan penerbitan dan percetakan milik negara. Balai Pustaka didirikan dengan nama Commissie voor de Inlansche School en Volkslectuur (Komisi untuk Bacaan Rakyat) oleh pemerintah Hindia Belanda pada tanggal 14 September 1908.
Kemudian berganti nama menjadi Kantoor voor de Volkslectuur atau lebih dikenal dengan nama “Balai Poestaka” pada tanggal 17 September 1917. Balai Pustaka menerbitkan kira-kira 350 judul buku per tahun yang meliputi kamus, buku referensi, keterampilan, sastra, sosial, politik, agama, ekonomi, dan penyuluhan.

Sesuai perkembangan jaman, pada bulan Juni 2013, Balai Pustaka meluncurkan Balai Pustaka eBookstore atau disingkat BP eStore. Kemunculan eBookstore ini tidak terlepas dari eBook yang semakin berkembang di Indonesia. BP eStore tersedia dan dapat diunduh di Google Play secara gratis.

Buku-buku back list serta buku baru Balai Pustaka kembali diterbitkan dan dibuat dalam format ebook. Karya fenomenal seperti Siti Nurbaya, Salah Asuhan dan Tenggelamnya Kapal Van der Wijck kembali dihadirkan, hal ini tidak terlepas dari masih tingginya peminat karya sastra tersebut.

BP eStore merupakan aplikasi mobile yang secara resmi dikembangkan oleh PT. Techbator. Selain menjual buku-buku terbitan Balai Pustaka sendiri, BP eStore juga menjual karya dari penerbit lain seperti Mizan, Obor dan Rosda Karya serta dari universitas-universitas besar di Indonesia: Institut Teknologi Bandung, Universitas Airlangga dan Institut Pertanian Bogor.

Sumber Situs Web Pos Indonesia

Check Also

Kunker Komisi I DPR RI ke PAL Indoensia

PT PAL Indonesia (Persero) Siap Menjadi Mitra DPR RI Dalam Mewujudkan Kemandirian Industri Pertahanan Alutsista …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *