Home / Berita / Production Unit Gresik Latih 33 Kader Posyandu

Production Unit Gresik Latih 33 Kader Posyandu

PT Pertamina Lubricants melalui Production Unit Gresik melaksanakan program pelatihan/ upskilling kepada 33 kader Posyandu Desa Pulopancikan dan kader Posyandu Kelurahan Sukorame, Kabupaten Gresik Jawa Timur.

Rizky Amalia Amin, CSR Officer Production Unit Gresik membuka pelatihan dengan tema “Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak” untuk kader Pos Yandu. Rizky mengungkapkan program CSR bidang kesehatan dilaksanakan Production Unit Gresik untuk dapat meningkatkan kesehatan masyarakat di sekitar Pabrik. Pelatihan yang diberikan dimulai dari deteksi perkembang respons sensorik dan motorik anak serta perkembangan fisik anak setiap 6 bulan sampai anak berusia 72 bulan

Ismu Kepala Bidan Puskesmas Alun-alun Gresik Kota mengungkapkan kegiatan ini merupakan agenda penting dalam meningkatkan pengetahuan kader posyandu, sehingga dapat diaplikasikan secara mandiri di 6 pos posyandu yang tersedia. “Peserta kami ajarkan bagaimana mengukur tumbuh kembang anak melalui pengukuran lingkar kepala, badan, dan gizi sebagai prosedur untuk mengetahui tumbuh kembang balita di lingkungan Desa Pulopancikan dan sekitarnya.”

Hal senada juga disampaikan oleh Dina Sekretaris Desa Pulopancikan yang mengungkapkan bahwa materi tersebut diperlukan bagi kader posyandu karena kader membutuhkan pelatihan/ upskilling agar terampil dalam setiap kegiatan kesehatan yang dilakukannya. “Kader Posyandu setiap tahunnya semakin bertambah dan sangat aktif dalam melaksanakan agenda rutin pemeriksaan Posyandu Balita dan Lansia. Saya melihat mereka merupakan yang berperan sebagai penggerak kesehatan desa”.  Ia juga menambahkan dalam beberapa tahun terakhir ini tingkat kesehatan di desa mengalami kemajuan dikarenakan peran besar PT Pertamina Lubricants yang selalu mendampingi dan memberikan bantuan untuk melaksanakan kegiatan di 6 Posyandu setiap bulannya.

Selain diberikan pelatihan/upskilling, peserta juga diajak untuk wisata di Agrowisata Bhakti Alam guna meningkatkan kebersamaan dan koordinasi di tiap pos penyelenggaraan Posyandu tersebut. Acara ini ditutup dengan kegiatan sharing sebagai evaluasi dan pengembangan program-program Posyandu selanjutnya.

Sumber PERTAMINA

Check Also

PP Presisi Perkirakan Hanya Bisa Belanjakan Modal Sebesar 70 Persen dari yang Dianggarkan

PT PP Presisi Tbk. konservatif dalam menggunakan dana belanja modal atau capital expenditure. Dari dana yang disiapkan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *