Home / Berita / Program Eco Green Island Belitung, Seliu Sebagai Pulau yang Hijau dan Mandiri.

Program Eco Green Island Belitung, Seliu Sebagai Pulau yang Hijau dan Mandiri.

Pulau Seliu merupakan salah satu pulau di Kepulauan Bangka Belitung yang tengah menerapkan Program Eco Green Island Belitung. Program pemerintah setempat ini bertujuan untuk mewujudkan Seliu sebagai pulau yang hijau dan mandiri. Untuk mewujudkan hal tersebut tentunya perlu dilakukan langkah-langkah konkrit baik oleh pemerintah, PLN maupun masyarakat. Beberapa fakta tentang Pulau Seliu.

1. Listrik di Seliu Island menyala 24 jam. PLN menyediakan listrik dengan kapasitas 415 kilo watt (kW) dan didukung oleh 4,24 kilo meter sirkit (kms) Jaringan Tegangan Rendah

2. 100% Masyarakat (304 rumah tangga) di Pulau Seliu Belitung menggunakan Kompor Induksi

3. Beberapa masyarakat mulai menggunakan motor listrik, termasuk petugas PLN di pulau ini menggunakan motor listrik sebagai kendaraan operasional. .

4. Terdapat Stasiun Penyediaan Listrik Umum (SPLU) yang terpasang di pusat-pusat keramaian.

Selanjutnya, PLN akan mengembangkan program energi di Pulau Seliu dengan memanfaatkan energi baru terbarukan berbasis pada masyarakat, sehingga bisa berkelanjutan. Program ini mengonversi bahan bakar minyak yang saat ini digunakan dengan energi yang lebih ramah lingkungan, yaitu dengan pengembangan energi listrik dari PLTS maupun pelet sampah.

Sumber PLN, edit koranbumn
.

Check Also

Digitalisasi Pembayaran, BNI Fasilitasi Hak Tanggungan Secara Online

Kini proses pengurusan Hak Tanggungan dapat dilakukan secara online. Kemudahan proses tersebut dibarengi dengan digitalisasi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *