Home / Berita / Progres Runway Ketiga Bandara Soekarno-Hatta Diklaim Sudah Mencapai 95%

Progres Runway Ketiga Bandara Soekarno-Hatta Diklaim Sudah Mencapai 95%

PT Angkasa Pura II (Persero) optimistis operasional landasan pacu ketiga Bandara Soekarno-Hatta akan terlaksana sesuai target, yakni Juli 2019.

VP Corporate Communications AP II Yado Yarismano mengatakan, pembangunan masih terus dilakukan hingga saat ini agar bisa beroperasi tepat waktu. Pihaknya menegaskan tidak ada kendala apapun dalam pengerjaan proyek ini.

“Progres terakhir kurang lebih sudah 95%. Kami tetap targetkan bulan ini sudah beroperasi,” kata Yado, Senin (1/7/2019).

AP II mengklaim proyek landasan pacu (runway) ketiga tersebut memiliki banyak manfaat. Pertama adalah sebagai sarana penambah kapasitas pergerakan pesawat.

Selama ini, total pergerakan pesawat yang bisa diakomodasi di Bandara Soekarno-Hatta hanya 81 hingga 83 pergerakan per jam. Operasional runway ketiga bisa menambah setidaknya hingga 40,7% atau menjadi 114 pergerakan pesawat per jam.

Kedua, adalah mempermudah operator bandara saat melakukan perawatan runway. Setiap waktu tertentu runway harus dijaga kualitasnya dan segera dilakukan perbaikan jika dibutuhkan.

Ketiga, imbuhnya, runway ketiga bisa meningkatkan aspek keselamatan penerbangan apabila dikombinasikan dengan runway kedua. Setelah beroperasi, runway ketiga akan digunakan untuk prosedur pendaratan (landing) pesawat, sedangkan lepas landas (take off) dilakukan melalui runway kedua.

Saat ini, jika hanya mengandalkan dua runway, kapasitas penerbangan hampir mendekati maksimal dan berisiko mengganggu keselamatan karena pesawat harus antre saat hendak lepas landas maupun mendarat.

Runway ketiga ini juga memiliki spesifikasi yang cukup bagus, yakni memiliki PCN di atas 86. Artinya, pesawat berlorong ganda (twin aisle) seperti Boeing 777 bisa melakukan pergerakan di runway dengan kapasitas penuh.

Operasional runway ketiga bisa meningkatkan kualitas Bandara Soekarno-Hatta. Diharapkan kepercayaan masyarakat dunia penerbangan juga akan bertambah.

Sumber Bisnis, edit koranbumn

Check Also

PLN Miliki 50 Turunan Usaha, Plt Dirut Sripeni Inten Cahyani Siap Rampingkan Jika Diminta Menteri Erick Thohir

Pelaksana tugas Direktur Utama Perusahaan Listrik Negara (PLN), Sripeni Inten Cahyani, mengaku siap merampingkan perusahaan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *