Home / Berita / Proyek Jalan Tol Bali Mandara

Proyek Jalan Tol Bali Mandara

Jalan Tol Bali Mandara yang menghubungkan Ngurah Rai Tuban, Benoa dan Nusa Dua, pembangunannya dibangun oleh ADHI serta berbagai konsorsium BUMN lainnya seperti, Jasa Marga, Angkasa Pura I, Pelindo III, ADHI, Waskita Karya, Hutama Karya dan Pengembangan Pariwisata Bali.

Seperti yang diketahui, ada yang unik dengan jalan tol ini, yakni tol ini merupakan satu-satunya tol dengan jalur sepeda motor di ruas sisi kiri dan kanan. Lalu, kenapa motor diperbolehkan melewati jalan Tol Bali Mandara

Menurut perundang-undangan yang berlaku, motor dapat melalui jalan tol, dengan syarat khusus. Sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 44/2009, motor diperbolehkan masuk jalan tol apabila terdapat jalur jalan tol khusus bagi kendaraan berroda dua secara fisik terpisah dari jalur jalan tol untuk kendaraan berroda empat atau lebih.

‘Pada dasarnya peraturan ini dibuat atas pemahaman bahwa motor merupakan alat transportasi dengan populasi yang cukup besar. Karenanya, pengendara motor diberikan kemudahan oleh Pemerintah dengan catatan, apabila tidak ada jalur khusus, maka motor tidak diperkenankan melintas. Sebagai informasi, pada ruas jalan Tol Bali Mandara kecepatan motor yang melaju dibatasi 25 km/jam-40 km/jam.

sumber ADHI, edit koranbumn

Check Also

DAHANA Selenggarakan Program Bina Lingkungan Pengobatan Gratis untuk 1.000 Warga

Untuk membuktikan kepedulian terhadap masyarakat, sekaligus wujud BUMN Hadir untuk Negeri, PT DAHANA (Persero) melaksanakan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *