Home / Berita / Proyek Rehabilitasi Jaringan Air Baku Klambu Kudu Kabupaten Grobogan

Proyek Rehabilitasi Jaringan Air Baku Klambu Kudu Kabupaten Grobogan

Keberadaan sistem irigasi yang handal merupakan sebuah syarat mutlak bagi terselenggaranya sistem pangan nasional yang kuat dan penting bagi sebuah negara. Sistem Irigasi merupakan upaya yang dilakukan oleh manusia untuk memperoleh air dengan menggunakan bangunan dan saluran buatan untuk mengairi lahan pertaniannya.

Upaya ini meliputi prasarana irigasi, air irigasi, manajemen irigasi, kelembagaan pengelolaan irigasi dan sumber daya manusia. Terkait prasarana irigasi, dibutuhkan suatu perencanaan yang baik, agar sistem irigasi yang dibangun merupakan irigasi yang efektif, efisien dan berkelanjutan, sesuai fungsinya mendukung produktivitas usaha tani.

Dengan demikian untuk menjaga kualitas air agar tidak tercampur dengan sungai yang dilintasinya maka perlu dibuatkan siphon juga pintu air yang tetap bisa mengijinkan air sungai yang dilintasi dapat masuk ke saluran dengan pengaturan, hal ini menjadikan debit air di saluran tetap terjaga kuantitasnya.

Seperti pada Proyek Rehabilitasi Jaringan Air Baku Klambu Kudu Kabupaten Grobogan, PT Indra Karya (Persero) sebagai BUMN Konsultan Karya melalui Divisi Enggering II nya terlibat dalam pembuatan siphon, Pemasangan U Ditch (saluran dari beton bertulang dengan bentuk penampang huruf U dan juga bisa diberi tutup ) dan Pengerukan rumah pompa pada proyek rehabilitasi jaringan air baku klambu kudu kabupaten grobogan.

Sumber Indra Karya, edit koranbumn

Check Also

Digitalisasi Pembayaran, BNI Fasilitasi Hak Tanggungan Secara Online

Kini proses pengurusan Hak Tanggungan dapat dilakukan secara online. Kemudahan proses tersebut dibarengi dengan digitalisasi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *