Home / Berita / Program Bina Lingkungan ITDC Mengadakan Program Pelatihan, Pembinaan, dan Pendampingan mengenai Bank Sampah

Program Bina Lingkungan ITDC Mengadakan Program Pelatihan, Pembinaan, dan Pendampingan mengenai Bank Sampah

Sebuah riset mengenai Sustainable Waste Indonesia (SWI) mengungkapkan, sebanyak 24% sampah di Indonesia masih tidak terkelola, 7% sampah didaur ulang, dan 69% berakhir di TPA? (sumber: CNN Indonesia).

Persoalan sampah memang selalu dipandang sebagai isu vital, tidak terkecuali di kawasan destinasi pariwisata, seperti di Pantai Tanjung Aan yang terletak di Kawasan the Mandalika, Lombok.

Mencoba mencari solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut, Program Bina Lingkungan ITDC mengadakan Program Pelatihan, Pembinaan, dan Pendampingan mengenai Bank Sampah serta cara pengelolaan sampah di kawasan the Mandalika bagi pedagang dan warga yang berada di Pantai Tanjung Aan the Mandalika, Lombok NTB. Program yang diselenggarakan bekerja sama dengan Bank Sampah NTB Mandiri ini, berlangsung selama tiga hari, yaitu pada 27 Februari – 1 Maret 2019, bertempat di kantor ITDC Mandalika.

Dalam pelatihan ini peserta dibekali ilmu mengenai pemilahan sampah organik dan anorganik, pemanfaatan sampah organik menjadi kompos, pemanfaatan sampah anorganik menjadi barang kerajinan, pembentukan Bank Sampah, praktik pembuatan kompos dengan metode Takakura dan penggunaan tabung komposter, serta manfaat pembentukan Bank Sampah.

Masyarakat yang sudah mengikuti pelatihan ini juga didampingi selama 14 hari oleh tim Bank Sampah NTB dan ITDC untuk mencapai tujuan akhir, yakni terbentuknya Bank Sampah untuk warga di Tanjung Aan hingga Dusun Gerupuk yang nantinya akan dikelola oleh masyarakat itu sendiri.

Sumber ITDC, edit koranbumn

Check Also

Tower 20 kV PLN Selesai Dibangun, Pulau Rupat Surplus 3,4 MW

PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Riau dan Kepri telah menuntaskan pengerjaan tower 20 kV …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *