Home / Berita / PT PP Bentuk Usaha Patungan dengan Krakatau Tirta Industri untuk Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum

PT PP Bentuk Usaha Patungan dengan Krakatau Tirta Industri untuk Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum

PT PP (Persero) membentuk usaha patungan dengan PT Krakatau Tirta Industri, entitas anak PT Krakatau Steel (Persero) Tbk., untuk pengembangan sistem penyediaan air minum (SPAM) di Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

Berdasarkan keterbukaan informasi di laman Bursa Efek Indonesia, Jumat (15/3/2019), PP melaporkan telah melakukan penyertaan saham dalam suatu perusahaan patungan bernama PT Pembangunan Perumahan Krakatau Tirta.

Entitas anak tersebut memiliki modal dasar usaha patungan senilai Rp50 miliar. Sementara itu, modal yang telah ditempatkan dan disetor senilai Rp12,5 miliar.

Adapun, porsi kepemilikan saham para pemilik yakni PP 75% atau setara dengan Rp9,375 miliar dan PT Krakatau Tirta Industri senilai Rp3,125 miliar.

“Maksud dan tujuan ialah menjalankan usaha untuk melaksanakan pengembangan sistem penyediaan air minum [SPAM] berkapasitas 1.000 liter per detik pada Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Gresik,” kata Sekretaris Perusahaan PP Agus Samuel Kana, Jumat (15/3/2019).

Agus menuliskan penyertaan saham perseroan dalam PT Krakatau Tirta Industri dicatat dalam buku perseroan sebagai penyertaan dalam perusahaan asosiasi. Pembentukan usaha patungan ini turut menunjang kegiatan usaha.

“Perseroan akan memperoleh recurring income dari penyertaan tersebut sehingga memperkuat keuangan perseroan,” imbuhnya.

Sumber Bisnis, edit koranbumn

Check Also

NEOM, Proyek Mega City Arab Saudi

Negara-negara di kawasan Teluk semakin berlomba membangun kota cerdas. Dubai, Abu Dhabi, dan Doha adalah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *