Home / Berita / PTPN IV Berikan Pembekalan Kepada Mahasiswa Program Magang Bersertifikat

PTPN IV Berikan Pembekalan Kepada Mahasiswa Program Magang Bersertifikat

Manajemen PTPN IV mengucapkan selamat kepada adik-adik mahasiswa dari Politeknik Pengembangan Pertanian (Polbangtan) Medan, yang sudah terpilih untuk mengikuti magang bersertifikat khususnya di PTPN II, PTPN III (Persero) dan PTPN IV.
.
Demikian disampaikan Direktur Sumber Daya Manusia dan Umum PTPN IV Rizal H. Damanik, saat membuka pembekalan di ruang Pisifera Kantor Direksi PTPN IV Jl. Letjen Suprapto No. 2 Medan, Jumat 19/7/2019 pagi.
.
Rizal H. Damanik juga mengatakan, Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) ini diawali pada peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-110. Saat itu Direktur Human Capital Manajemen PT Telkom selaku Ketua Forum Human Capital Indonesia bersama Menteri BUMN Republik Indonesia dan beberapa Direksi BUMN lainnya meresmikan PMMB di Jakarta.
.
“Sampai dengan 2020 peserta magang ada 20.000 mahasiswa, dan untuk 2019 ada sekitar 9.000 mahasiswa. Untuk kali ini di PTPN IV ada 15 orang, PTPN III (Persero) 15 orang dan PTPN II 10 orang”, tutur Rizal.
.
Selain Rizal H. Damanik, juga hadir Kasubbid Kelembagaan Pusat Pendidikan Pertanian Kementerian Pertanian (Pusdiktan Kementan) Siti Syamsiah, Direktur Polbangtan Medan Yuliana Kansrini beserta Wakil Direktur dan tim, Kepala Divisi SDM Holding Perkebunan Nusantara Amalia Nasution serta Kepala Bagian SDM PTPN II, PTPN III (Persero) dan PTPN IV.
.
Siti Syamsiah menyampaikan, PMMB merupakan tindaklanjut dari penandatanganan Nota Kesepahaman yang sudah dilakukan oleh Kemenristekdikti dengan Menteri BUMN. Program magang ini merupakan salah satu langkah nyata dari pemerintah untuk meningkatkan kompetensi lulusan perguruan tinggi agar sesuai dengan kebutuhan dunia kerja.
.
Peserta magang akan mendapatkan sertifikat kompetensi yang tentunya tidak hanya sekedar sertifikat biasa melainkan sertifikat yang diakui oleh dunia kerja, sehingga program ini dapat meningkatkan link and match antara perguruan tinggi sebagai pencetak sumber daya manusia yang berkualitas dengan perusahaan/ industri sebagai pengguna lulusan dari perguruan tinggi, ucap Siti Syamsiah.

Sementara Yuliana Kansrini mengatakan, Polbangtan Medan merupakan pendidikan kedinasan milik Kementerian Pertanian yang berada di jalan Binjai Km. 10 Medan Provinsi Sumatera Utara. Memiliki mahasiswa sebanyak 638 orang yang semuanya ditempatkan di asrama dengan tiga program studi yaitu penyuluhan pertanian berkelanjutan, penyuluhan pertanian presisi dan teknologi produksi tanaman perkebunan.

Acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, penandatanganan kontrak antara mahasiswa dengan PTPN II, PTPN III (Persero) dan PTPN IV dan diisi dengan ekspose singkat Company Profile dari masing-masing PTPN II, PTPN III (Persero) dan PTPN IV.

Sumber PTPN IV,edit koranbumn

Check Also

Digitalisasi Pembayaran, BNI Fasilitasi Hak Tanggungan Secara Online

Kini proses pengurusan Hak Tanggungan dapat dilakukan secara online. Kemudahan proses tersebut dibarengi dengan digitalisasi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *