Home / Berita / PTPN V Kolaborasi dengan Asosiasi Apkasindo Lanjutkan Program Sawit Untuk Rakyat,

PTPN V Kolaborasi dengan Asosiasi Apkasindo Lanjutkan Program Sawit Untuk Rakyat,

PT Perkebunan Nusantara (PTPN) V berkolaborasi dengan Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) dalam menindaklanjuti program Sawit Untuk Rakyat, yang merupakan program pemerintah untuk BUMN.

Kolaborasi dalam bentuk nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) itu ditandatangani oleh  Dirut PTPN V Jatmiko K. Santosa dan Ketua Umum  Apkasindo Gulat Medali Emas Manurung pada Jumat (26/7/2019).

Jatmiko menjelaskan MoU tersebut diharapkan dapat meningkatkan produktivitas perkebunan kelapa sawit rakyat, baik dari sisi sumber daya manusia (SDM), kelembagaan perkebunan, maupun percepatan pelaksanaan program peremajaan (replanting) kelapa sawit rakyat.

“Kami menyambut baik kerja sama dengan Apkasindo dalam mendorong program pemerintah menyejahterakan petani melalui peremajaan, peningkatan produktivitas, perbaikan SDM hingga sertifikasi sawit yang lestari,” ujar Jatmiko dalam siaran pers, Jumat (26/7/2019).

Menurutnya, kolaborasi dengan Apkasindo memiliki nilai strategis karena akan secara langsung berimbas pada perbaikan sawit rakyat. Saat ini, asupan bahan baku sawit perusahaan bersumber dari 50% kebun inti milik PTPN V dan sisanya berasal dari kebun rakyat.

Lebih lanjut, dia menerangkan bahwa saat ini produktivitas perkebunan sawit rakyat hanya sekitar 2 ton CPO per hektare per tahu. Angka itu jauh lebih rendah dari tingkat produksi PTPN V yang mampu menghasilkan 6 ton CPO per hektare per tahun.

“Sebagai mitra teknis dalam program BUMN Untuk Sawit Rakyat, perusahaan siap untuk merangkul dan bermitra dengan petani-petani yang berada dibawah naungan Apkasindo dan PTPN V juga akan menjaga disiplin yang berkelanjutan dalam kultur teknis sawit yang optimal, mewujudkan sawit rakyat swadaya secara ekonomi dan terjadinya peningkatan kesejahteraan petani ” tambah Jatmiko.

Sementara itu, Ketua Umum Apkasindo Gulat Medali Emas Manurung menyampaikan asosiasinya memiliki tugas untuk membangun industri kelapa sawit Indonesia, sekaligus meningkatkan kesejahteraan petani.

“Sebagian petani eks plasma PTPN V itu anggota Apkasindo. Mereka akan kita dorong untuk menjadi mitra PTPN V. Begitu juga dengan petani swadaya, juga akan kita arahkan untuk bermitra dengan PTPN V. Bersama-sama kami akan memajukan petani kelapa sawit menjadi petani mandiri dan profesional, dalam mengelola hingga menghasilkan produksi tandan buah segar (TBS) yang maksimal dan berkualitas” ujar Gulat.

Sumber Bisnis, edit koranbumn

Check Also

Revisi UU Ketenagakerjaan Masuk Rencana Penyusunan Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja

Omnibus law UU Cipta Lapangan Kerja disebut bakal turut merevisi UU No. 13/2003 tentang Ketenagakerjaan. Hal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *