Home / Berita / PTPN XI Mulai Proses Giling Tebu di Empat Pabrik Gula

PTPN XI Mulai Proses Giling Tebu di Empat Pabrik Gula

PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XI telah memulai proses giling tebu lebih awal atau sebelum Lebaran guna memenuhi kebutuhan gula masyarakat pada saat momen Lebaran.

Direktur Utama PTPN XI, Gede Meivera Utama mengatakan ada empat pabrik gula (PG) yang sudah memulai giling yakni di wilayah barat PG Pagotan dan PG Purwodadi, serta wilayah tengah dan barat di PG Semboro dan PG Kedawung.

“Strategi kita kenapa giling sebelum Lebaran? Seperti kita ketahui gula menjelang Lebaran itu permintaannya tinggi, nanti harga gula bisa melejit kalau tidak ada pasokan,” katanya di sela-sela Buka Bersama PTPN XI, Rabu (22/5/2019).

Dia mengatakan selain itu, strategi giling lebih dulu tersebut dilakukan sesuai tingkat kemasakan tebu. “Tebu yang masuk sekarang itu sudah full capacity, nanti 3 hari sebelum Lebaran berhenti beroperasi, setelah Lebaran selesai pabrik akan beroperasi kembali,” imbuhnya.

Hingga kini tingkat rendemen gula yang sedang digiling di empat PG itu sudah terlihat sekitar 7% an.  Gede menambahkan, pada musim giling tahun ini PTPN XI menargetkan bisa memproduksi 380.000 ton gula dengan tingkat rendemen 7,8%.

Target tersebut sama seperti capaian tahun lalu. “Kita realistis saja untuk target tahun ini karena memang curah hujannya lebih tinggi dan rendemen akan lebih rendah dari tahun lalu,” imbuhnya.

Sumber Bisnis, edit koranbumn

Check Also

Jalan Tol Manado-Bitung Ditargetkan Siap Beroperasi Penuh Pertengahan Tahun Depan

Pekerjaan fisik (konstruksi) seluruh seksi pada Jalan Tol Manado-Bitung sampai akhir Juni 2019 telah mencapai …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *