Home / Berita / Radio TWC Selenggarakan Talkshow Interaktif Bersama BPCB Jawa Tengah

Radio TWC Selenggarakan Talkshow Interaktif Bersama BPCB Jawa Tengah

Radio Taman Wisata Candi kembali hadir menyelenggarakan talkshow interaktif bersama dengan Balai Pelesatarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah. Program yang dipandu oleh Puput ini membahas tentang Bagaimana Proses Pemugaran Candi dan Kisah Legenda di Baliknya.

Talkshow Interaktif Radio Taman Wisata Candi ini merupakan kerjasama antara TWC Media dengan BPCB Jawa Tengah. Talkshow ini menghadirkan narasumber Lengkong Sanggar Ginaris, Desfira Ramadhania Rausthesa dari BPCB Jateng dan Tri Suyanto dari PT TWC.

Pada sesi pertama, Lengkong Sanggar Ginaris menjelaskan secara singkat mengenai proses awal pemugaran candi dan bagaimana candi awal dipugar. “Proses awalnya batu yang terpental kemana-kemana itu dikumpulkan terlebih dahulu. Permasalahannya dari semua batu itu, ada yang tidak ditemukan dan biasanya nanti kita buat replikanya. Jadi sebisa mungkin batu yang baru itu sekitar 20% dari keseluruhan batu yang ada di candi.” terang mahasiswa pascasarjana Universitas Gadjah Mada ini.

Desfira Ramadhania Rausthesa menyatakan bahwa banyak sekali cerita-cerita menarik yang dirinya dapat saat berada di lapangan dan bertemu dengan petugas BPCB. “Yang menarik itu saat aku dapat cerita dari tukang pencari batu. Ceritanya dia itu lagi jalan-jalan sama isterinya terus dia menemukan batu yang mirip batu candi sewu terus dibawa ke candi sewu ternyata bener. Padahal jaraknya 5 km dari candi Sewu”. Terang mahasiswi Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia yang sedang magang di BPCB Jateng ini.

Desfira juga menceritakan beberapa kriteria yang harus dipenuhi sebelum candi dipugar. “Candi itu untuk bisa dipugar harus memenuhi beberapa kriteria danharus melalui langkah studi kelayakan. Di langkah ini candi diuji apakah komposisi batu memenuhi 70% atau candi itu pentingkah. Apabila memenuhi kriteria candi baru bisa dipugar.” Terangnya.

Sementara itu, Tri Suyanto menjelaskan mengenai perbedaan tugas antara PT TWC dengan BPCB. “Ada dua fungsi berbeda, dari BPCB dengan TWC. Kalau BPCB berfokus pada pemeliharaan situs, sedangkan TWC ke pemanfaatan.”

Sumber TWC, edit koranbumn

Check Also

Menteri Erick Thohir Belum Bersedia Ungkap Nama Calon Dirut BUMN

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir sudah menyerahkan nama-nama calon direksi untuk tiga …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *