Home / Berita / RNI Jalin Sinergi dengan Pertamina dan PTPN III, Bangun Kemandirian Energi

RNI Jalin Sinergi dengan Pertamina dan PTPN III, Bangun Kemandirian Energi

Dalam rangka membangun kemandirian energi nasional, PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) bersama PT Pertamina (Persero), dan PT Perkebunan Nusantara VIII (Persero) menjalin sinergi melalui penandatanganan Nota Kesepahaman tentang kerjasama penyediaan bahan baku crude palm oil (CPO), Refined Bleached Deodorized Palm Oil (RBDPO) dan Bio Ethanol dalam rangka pengembangan energi baru dan terbarukan. Kerjasama tersebut ditandatangani oleh Direktur Utama RNI B. Didik Prasetyo, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati, dan Direktur Utama PTPN III Dolly P Pulungan di Pekanbaru, Riau pada Selasa, 19 Maret 2019.

Menurut Didik, salah satu tujuan dari kerjasama ini adalah mensinergikan potensi masing-masing pihak. RNI memiliki lahan perkebunan dan pengalaman dalam budidaya tanaman yang didukung oleh Pusat Penelitian Agro. Sementara, Pertamina sebagai BUMN produsen dan distributor bahan bakar terbesar se-Indonesia, memiliki kompetensi dan jaringan distribusi yang sangat luas. Begitu juga dengan PTPN III, sebagai holding perkebunan memiliki kapasitas produksi bahan baku yang besar. Diharapkan, dengan didukung potensi masing-masing perusahaan, upaya membantu program kemandirian energi yang tengah dicanangkan Pemerintah dapat berjalan optimal. “Kemadirian energi dapat dicapai apabila berbagai pihak dengan potensinya masing-masing dapat saling bersinergi memberikan keunggulan terbaiknya. ” ujarnya.

Menurut Didik, bagi RNI sinergi ini menjadi bagian dari upaya untuk melakukan hilirisasi produk CPO dari kebun Kelapa Sawit yang dikelola oleh Anak Perusahaan RNI Group, yaitu PT Perkebunan Mitra Ogan dan PT Laras Astra Kartika. Selain itu juga sebagai upaya untuk memperoleh nilai tambah yang lebih tinggi sehingga dapat mendukung sustainabilitas dan peningkatan produktivitas produk turunan kelapa sawit, baik dalam lingkup RNI Group maupun secara nasional. *Bersambung ke Kolom Komentar.

Sumber RNI, edit koranbumn

Check Also

Dukung Industri Smelter di Sulawesi, PLN Siapkan Investasi Rp137 Triliun

PT PLN (Persero) menyiapkan investasi sekitar Rp137 triliun untuk mengembangkan pembangkit, jaringan transmisi, gardu induk, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *