Home / Berita / Sedang Dikaji Jalur Kereta Api Yogya-Borobudur Bakal Hidupkan Lagi

Sedang Dikaji Jalur Kereta Api Yogya-Borobudur Bakal Hidupkan Lagi

PT Kereta Api Indonesia (Persero) (KAI) berencana mereaktivasi jalur kereta api Yogyakarta-Borobudur. Kini rencana itu masih dalam tahap kajian di Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan.

“Reaktivasi Yogyakarta-Borobudur sedang dalam kajian memang, itu memang upaya yang mungkin nantinya akan dipikirkan oleh Dirjen KA,” ujar Direktur Umum PT KAI, Edi Sukmoro di Yogyakarta, Selasa (2/7/2019).

Edi menyebut reaktivasi jalur kereta api Yogyakarta-Borobudur penting dilakukan. Hanya ia mengakui bakal sulit untuk mereaktivasi jalur tersebut, mengingat trase lama sudah banyak yang beralih fungsi.

“Cuma perlu diingat bahwa kalau mengikuti trase yang lama, itu jelas bahwa trase yang lama itu sudah berdiri bangunan-bangunan. Sehingga ini (perlu) dipikirkan solusinya bagaimana,” tutur Edi.

Menurutnya, jika proyek tersebut terealisasi maka koneksi antara wilayah Yogyakarta dan Borobudur akan terhubung. Mobilisasi wisatawan di Yogyakarta yang ingin ke Borobudur juga akan semakin mudah.

Namun rencana reaktivasi jalur kereta api Yogyakarta-Borobudur tersebut masih dalam tahap kajian di Direktorat Jenderal Perkeretaapian. Oleh sebab itu dirinya tak begitu mengetahui secara detail proyek ini.

“Secara pasti (soal target proyek dimulai) kami tidak mengikuti. Tetapi ini sedang dilakukan upaya studi yang dikerjakan oleh Direktorat Jenderal. Nanti biar Direktorat Jenderal yang menjelaskan,” katanya.

“Termasuk itu (biaya) nanti akan keluar dalam bentuk FS-nya, sampai hari ini kan belum. Di studinya nanti akan keluar itu berapa biaya yang memang dibutuhkan untuk mengaktivasi menuju Borobudur,” tutupnya.

Sumber Detik, edit koranbumn

Check Also

Sinopsis Buku Berjudul Djedjak Langkah

Sinopsis Djedjak Langkah karya Bakri Siregar Mawar tak ada di rumah, sejak makan malam tadi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *