Home / Berita / Sektor Infrastruktur Mendominasi Realisasi Investasi PMDN Dan PMA

Sektor Infrastruktur Mendominasi Realisasi Investasi PMDN Dan PMA

Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mencatat total realisasi investasi Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) dan Penanaman Modal Asing (PMA) pada 2018 mencapai IDR721,3 triliun atau meningkat sebesar 4,1% yoy.

Namun jika dibandingkan dengan target investasi RPJMN yang sebesar IDR765 trilliun, realisasi investasi 2018 tercapai sebesar 94,3%.

Realisasi investasi selama 2018 didominasi oleh sektor infrastruktur.

Berdasarkan sektor usaha, lima terbesar realisasi investasi PMDN dan PMA adalah listrik, gas, dan air (IDR117,5 triliun atau 16,3%), transportasi, gudang, dan telekomunikasi (IDR94,9 triliun atau 13,1%), pertambangan (IDR73,8 triliun atau 10,2%), industri makanan (IDR68,8 triliun atau 9,5%), dan perumahan, kawasan industri dan perkantoran (IDR56,8 triliun atau 7,9%).

Pulau Jawa masih menjadi tujuan utama investasi.

Investasi di Jawa mendominasi sebesar 56,2% dari total investasi PMDN dan PMA, diikuti Sumatera (17%), Kalimantan (11,5%), Sulawesi (7,6%), Bali dan Nusa Tenggara (3,9%), dan Maluku dan Papua (3,8%).

Upaya peningkatan investasi harus terus dilakukan.

Komitmen pemerintah untuk menciptakan iklim bisnis yang kondusif di tanah air melalui berbagai instrumen kebijakan akan terus dinantikan, terlebih pada tahun politik seperti saat ini. (nkd)

Sumber Bank Mandiri, edit koranbumn

 

Check Also

Digitalisasi Pembayaran, BNI Fasilitasi Hak Tanggungan Secara Online

Kini proses pengurusan Hak Tanggungan dapat dilakukan secara online. Kemudahan proses tersebut dibarengi dengan digitalisasi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *