Home / Berita / Seminar Nasional Mine Blast Test Medium Tank Pindad

Seminar Nasional Mine Blast Test Medium Tank Pindad

PT Pindad (Persero) menyelenggarakan National Seminar on Mine Blast Test for Medium Tank pengembangan bersama Pindad dan FNSS Turki yang diselenggarakan pada 13 Juli 2018 di Grha Pindad Bandung. Acara dihadiri oleh pejabat Kementerian Pertahanan, perwira tinggi TNI, Polri, instansi pemerintah seperti Kementerian BUMN, Kemenristek Dikti, BPPT, Bappenas dan insitusi kampus seperti ITB, ITS, UGM, Universitas Brawijaya, Universitas Pertahanan, dan para praktisi/ahli di bidang kendaraan tempur dan pengujian kendaraan tempur, serta stakeholder lainnya.

Kegiatan National Seminar of of Mine Blast Test for Medium Tank dilakukan sebagai sarana untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman yang lebih dalam dan komprehensif tentang perancangan dan pengujian perlindungan kendaraan tempur terhadap ledakan ranjau sesuai standar internasional STANAG 4569. Uji ledak yang dilakukan sesuai kriteria kebutuhan pengguna ini merupakan bagian dari penyelesaian kontrak Joint Production Tank Medium Pindad dengan Kementerian Pertahanan. Kegiatan ini juga merupakan sarana untuk sosialisasi dan pengenalan mine blast testkepada para pengguna dan praktisi/ahli.

Seminar dibagi menjadi 2 sesi, yakni sesi pagi dengan pembicara dari dalam negeri dan sesi siang menghadirkan pembicara para ahli dari luar negeri, FNSS Turki. Dirtekindhan Ditjen Pothan Kemhan, Marsekal Pertama TNI Danardono S. Adji, M.P.P memaparkan mengenai “Pengembangan Medium Tank Sebagai Percepatan Kemandirian Bangsa”. Komandan Pusat Kesenjataan Kavaleri TNI AD, Jenderal TNI Ana Supriatna, S.I.P, M.Si, M.Tr (Han) menjelaskan tentang “Kriteria Medium Tank dalam modernisasi Ranpur Kavaleri”. Dr. Ir. Arif Basuki menjelaskan tentang Efek Mine Blast Pada Material”, Serta Direktur Teknologi dan Pengembangan Pindad, Dr. Ir.Ade Bagdja, M.M.E, memaparkan tentang ”Pengembangan Medium Tank PT Pindad (Persero)”.

Sementara itu expert internasional dari FNSS Turki memaparkan tentang “Metode dan Standar Mine Blast test” dan “Surviveability Kendaraan tempur”. Para pembicara yang hadir melakukan sharing knowledge berdasarkan pengalaman mereka yang telah lebih dahulu memproduksi Tank dan ranpur lainnya.

Sumber Situs Web PINDAD

Check Also

4 Pembangkit Energi Baru untuk Papua

Perusahaan Lisrik Negara menetapkan empat pembangkit energi baru dan terbarukan (EBT) untuk Provinsi Papua dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *