Home / Berita / Seri Penjurian Pra-Kualifikasi 1 Sayembara Desain Seragam Customer Service Officer

Seri Penjurian Pra-Kualifikasi 1 Sayembara Desain Seragam Customer Service Officer

Angkasa Pura Airports melakukan penjurian pra-kualifikasi Sayembara Desain Seragam Customer Service Officer (CSO) Bandar Udara pada Selasa (12/2) di Hotel Holiday Inn Kemayoran.  Pada tahap penjurian ini dipilih 12 karya yang lolos ke tahap penjurian final di mana akan diselenggarakan pada akhir Februari 2019 mendatang.

Sejak dibuka pendaftaran peserta Sayembara Desain Seragam CSO ini pada 18 Januari hingga 4 Februari 2019 lalu, terdapat sekitar 1.700 partisipan mendaftar secara online yang terdiri dari 1.498 peserta perorangan dan 202 peserta kelompok.

Dari jumlah pedaftar tersebut, terdapat 388 karya yang diterima melalui online atau 22% dari total pendaftar dan 318 yang diterima melalui pos atau 18,7% dari total pendaftar. Adapun dari 318 karya yang diterima melalui pos, 260 karya merupakan karya perorangan, 58 karya kelompok, dan 33 karya tanpa keterangan. Sedangkan karya yang lolos verifikasi berjumlah 135 karya. Pada tahap penjurian pra-kualifikasi ini, para juri awalnya menyaring 24 karya dan kemudian memilih 12 finalis yang lolos ke tahap penjurian final.

Adapun Dewan Juri terdiri enam orang dengan komposisi tiga juri dari eksternal perusahaan dan tiga orang dari internal perusahaan. Bertindak sebagai Ketua Dewan Juri yaitu Vice President Airport Services and Hospitality Yudhaprana Sugarda, dengan anggota Dewan Juri Corporate Communication Senior Manager Awaluddin sebagai perwakilan Corporate Secretary dan perwakilan Corporate Planning dan Transformation Yuyun W. Sedangkan juri dari eksternal yaitu Ketua Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) DKI Jakarta Rudy Chandra, Direktur Program Akademik ESMOD Jakarta Patrice Desilles, dan Fashion Designer Erdan.

“Untuk memberikan nuansa baru dalam pelayanan dan semakin mendekatkan diri dengan pengguna jasa bandara dengan keramahtamahan khas Indonesia maka Angkasa Pura Airports berencana membuat seragam bagi Customer Service Officer di bandara-bandara Angkasa Pura Airports. Oleh karena itu Angkasa Pura I menyelenggarakan sayembara ini untuk mencari karya terbaik dari masyarakat bagi seragam desain CSO bandara,” kata Ketua Tim Dewan Juri Yudhaprana Sugarda di sela sesi penjurian.

Ketua APPMI DKI Jakarta Rudy Chandra mengapresiasi sayembara desain yang dilakukan Angkasa Pura Airports ini. “Saya sangat surprise Angkasa Pura Airports melakukan sayembara desain seragam ini karena biasanya perusahaan lain menggunakan jasa desainer ternama untuk mendesainkan seragamnya. Apa yang dilakukan Angkasa Pura I ini patut ditiru oleh perusahaan lain karena dapat mendukung perkembangan generasi muda industri kreatif, khususnya industri fashion dan design. Para peserta cukup antusias, terlihat dari jumlah yang mengirimkan karya dan karya yang dikirimkan juga cukup bagus-bagus,” kata Rudy Chandra.

Senada dengan Rudy Chandra, Erdan juga mengatakan bahwa sayembara ini cukup menarik karena membantu memajukan kreativitas anak bangsa melalui kontribusi desain seragam pelayan publik, dalam hal ini penyedia jasa bandar udara. Begitu juga Patrice Dellice yang menilai sangat baik inisiatif Angkasa Pura Airports untuk mengadakan sayembara ini. Hal ini dapat dilihat dari jumlah pendaftarnya yang cukup banyak. Namun Patrice menilai karya-karya yang dikirimkan kebanyakan masih bermain ‘aman’.

“Kebanyakan peserta masih bermain ‘aman’ dengan mengirimkan karya yang kurang berani. Mungkin karena mereka memiliki referensi yang sudah ada. Itu-itu saja. Saya mengharapkan karya yang lebih berani dari sisi warna, shape, dan detail produk,” kata Pat, panggilan akrab Patrice. Pat juga menilai bahwa kebanyakan peserta menerjemahkan Indonesian Experience hanya  batik. Padahal masih banyak Indonesian Heritage lainnya seperti Songket, Tenun, dan lainnya. “Jadi saya cari yang luar biasa di sini untuk image Angkasa Pura Airports dan tentunya Indonesia Experience,” kata Pat.

Selanjutnya penjurian final 12 peserta akan dilakukan pada akhir Februari. Pada tahap itu, finalis akan mempresentasikan karya mereka di depan Board of Directors Angkasa Pura Airportsdengan format fashion show.

Sebagai informasi, seragam baru CSO bandara ini nantinya diharapkan dapat memberikan nuansa baru dalam memberikan pelayanan kepada pengguna jasa bandara, selain menciptakan suasana khas Angkasa Pura I dan menumbuhkan partsipasi masyarakat dalam menjadikan bandara sebagai innovation hub bagi anak bangsa yang memiliki karya yang kreatif.

Adapun desain seragam CSO bandara ini yang dicari melalui sayembara ini terdiri dari desain seragam dinas harian, desain seragam casual, desain seragam batik. Total hadiah sayembara mencapai Rp 150 juta yang terbagi menjadi tiga pemenang yaitu Pemenang 1 sebesar Rp 75 juta, Pemenang 2 sebesar Rp 50 juta, dan Pemenang 3 sebesar Rp 25 juta. 

Sumber AP1, edit koranbumn

Check Also

Digitalisasi Pembayaran, BNI Fasilitasi Hak Tanggungan Secara Online

Kini proses pengurusan Hak Tanggungan dapat dilakukan secara online. Kemudahan proses tersebut dibarengi dengan digitalisasi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *