Home / Berita / Sinergi Bisnis Antar 8 Anak Perusahaan dan 13 Afiliasi Pertamina Tingkatkan Competitive Value

Sinergi Bisnis Antar 8 Anak Perusahaan dan 13 Afiliasi Pertamina Tingkatkan Competitive Value

Sebanyak delapan anak perusahaan dan 13 afiliasi Pertamina melakukan penandatanganan MoU Sinergi Bisnis dengan Direktorat Pemasaran Retail di Executive Lounge Kantor Pusat Pertamina, pada Jumat (5/7/2019).

Disaksikan oleh Direktur Pemasaran Retail Pertamina Mas’ud Khamid dan SVP Corporate Business Optimization Pertamina Afandi, penandatanganan MOU dilaksanakan oleh pimpinan anak perusahaan dan afiliasinya beserta General Manager (GM) Marketing Operation Region (MOR) I hingga VIII.

“Ini adalah momen penting bagi Pertamina khususnya, di Direktorat Pemasaran Retail. Kekuatan besar ini harus dimaksimalkan dengan sinergi untuk menghasilkan efisiensi dan percepatan proses untuk menaikkan competitive value. Dengan sinergi ini, saya yakin pasar akan lebih mudah di-managed dan kompetitor akan lebih mudah dibendung,” ujarnya.

Mas’ud menegaskan, untuk memaksimalkan sinergi bisnis di antara 143 anak perusahaan Pertamina dan afiliasinya, manajemen terus melakukan pemetaan dengan melihat portofolio setiap perusahaan agar tidak terjadi tumpang tindih penugasan.

“Kita akan melakukan management KPI yang komprehensif. Yang paling penting, kita harus mempererat komunikasi antara para direksi sehingga semua tantangan dapat dicarikan solusi dan program kerja bisa berjalan lancar,” imbuhnya.

Seperti diketahui, penandatanganan MoU ini merupakan realisasi “Workshop Sinergi” yang telah dilaksanakan di Pulau Bali dan Semarang beberapa waktu lalu. Langkah selanjutnya adalah eksekusi kontrak kerja. Untuk Direktorat Pemasaran Retail, terdapat potensi sinergi dengan anak perusahaan dan afiliasi Pertamina sebesar USD 215 juta.

Anak Perusahaan dan afiliasi Pertamina yang melakukan kerja sama dengan MOR I-VIII Pertamina tersebut, yaitu PT Pertamina Patra Niaga, PT Pertamina Retail, PT Pelita Air Services, PT Patra Jasa, PT Pertamina Bina Medika, PT Elnusa Tbk, PT Pertamina Training & Consulting, PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk, PT Patra Trading, PT Elnusa Petrofin, PT Pertamina Drilling Contractor, PT Patra Logistik, PT Sigma Cipta Utama, PT Patra Badak Arun Solusi, PT Elnusa Fabrikasi Kontruksi, PT Mitra Tour&Travel, PT Indopelita Aircraft Service, PT Peteka Karya Tirta, PT Peteka Karya Jala, PT Peteka Karya Samudera, dan PT Peteka Karya Gapura.

Sumber Pertamina, edit koranbumn

Check Also

Menteri Erick Thohir Belum Bersedia Ungkap Nama Calon Dirut BUMN

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir sudah menyerahkan nama-nama calon direksi untuk tiga …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *