Home / Berita / Sinergi Millennials BUMN Sukseskan Film Onrust

Sinergi Millennials BUMN Sukseskan Film Onrust

34 Millennials dari Balai Pustaka dan Perusahaan BUMN lainnya bersinergi untuk menyukseskan Film Onrust

Pulau Onrust adalah salah satu gugusan Pulau di Kepulauan Seribu yang pada saat zaman Belanda merupakan Pulau yang paling modern, sibuk dan ada galangan kapal laut.

Pulau Onrust merupakan Pulau tempat singgah Kapal Laut Belanda sebelum masuk Batavia. Kapal Laut Belanda saat itu mengalalami kerusakan mesin dan diperbaiki beberapa hari di Pulau Onrust sampai mereka menuju Batavia.
Pemerintahan Belanda menjadikan Pulau Onrust sebagai tempat Karantina Haji bagi warga negara Indonesia yang akan berangkat dan saat pulang Haji sebelum keluar dan masuk Kota Batavia.

Ada yang menyampaikan bahwa sapaan Haji untuk orang yang pulang Haji dari Tanah Suci Mekah hanya ada di Indonesia diciptakan oleh Belanda.
Tujuan Belanda adalah untuk memudahkan dan mencirikan Orang Indonesia yg sudah berangkat Haji dan yang belum.

Berkembangnya Pulau Onrust sebagai Pulau Karantina Haji dirubah oleh Pemerintah Belanda sebagai Karantina untuk Penyakit Lepra yang pada saat itu merupakan penyakit menular dan belum ditemukan Obat yang manjur untuk menyembuhkan Penyakit Lepra.

Disaat itu, Pemerintah Belanda mendatangkan dokter ahli yang dapat mengurangi jumlah penderita penyakit Lepra.
Dokter tersebut berkebangsaan Jerman dan mempunyai satu anak Perempuan yang bernama Maria. Semakin dewasa Maria di pulau Onrust membuat jatuh hati ke seorang Pemuda kebangsaan Belanda.
Pemuda idaman Maria harus kembali ke Belanda dan berjanji akan kembali ke Pulau Onrust untuk bertemu kembali dengan Maria dan menikah.
Maria menunggu pemuda Belanda tersebut dengan memendam rasa rindu sendiri dan hanya ditemani seekor Anjing Herder. Sampai akhirnya Maria meninggal di Pulau Onrust dengan hati yang penasaran kapan Pemuda idaman hatinya menemui Maria di Pulau Onrust.

Maria dimakamkan di Pulau Onrust dan sejak itu banyak orang yang melihat Penampakan Belanda memakai Payung menghadap laut lepas menunggu Kapal yang bersandar di Pulau Onrust dengan harapan Pemuda pujaan menemui dan menikahinya.

Sumber Balai Pustaka, edit koranbumn

Check Also

Pupuk Kujang Menerima Kunker DPRD Provinsi Banten Komisi II

Sebagai salah satu anggota perusahaan dari PT Pupuk Indonesia (Persero), PT Pupuk Kujang menerima kunjungan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *