Home / Berita / Sinopsis Buku Berjudul “Kenali Komunikasi”

Sinopsis Buku Berjudul “Kenali Komunikasi”

Sinopsis buku berjudul “Kenali Komunikasi” karya Intan Savitri dan Sidik Effendi.

Pentingnya memberikan penguatan pada sisi pengelolaan emosi membuat buku ini menjadi patut untuk dibaca, ditelaah, dan dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari terutama bagi siswa. Buku ini terdiri dari tiga bagian besar.

Bagian pertama, memahami diri sendiri dari beberapa sub bab yang akan menjelaskan hal-hal mendasar tentang emosi, seperti peta emosi, kuadran pembelajaran emosi, locus of control atau daerah pengaruh. Hal-hal mendasar tentang emosi dibahas pertama kali untuk memberikan dasar pada siswa yang membaca dan mempelajari buku ini pentingnya mengenali sisi emosi di dalam dirinya.
Dari pengenalan tersebut, siswa akan dihantarkan pada keterampilan emosi berikutnya yang akan dibahas pada bab kedua, yakni memahami dengan empati. Pada bab kedua ini, dipaparkan segala sesuatu tentang empati dan pentingnya sikap empati bagi seseorang dalam pergaulan sosial mereka.
Lalu, pada bab terakhir dibahas tentang mengelola hubungan yang terdiri dari sub bab tingkatan komunikasi, integritas, dan mendengar dengan lebih baik. Ide besar dari buku ini adalah bahwa seseorang yang memiliki keterampilan mengenal dan kemudian mengelola dirinya diharapkan memiliki potensi besar untuk lebih mengenal dan mampu mengelola serta memimpin orang lain.

Bagi siswa, mengenali skema emosi dan berlatih mengelola emosinya sejak dini adalah aktivitas yang sangat penting. Sebab perkembangan emosi akan seiring dengan rentang kronologis dalam perkembangan moralnya.

Menurut Kohlberg, yang membagi tiga klasifikasi perkembangan moralnya: pra konvensional, konvensional, dan pasca konvensional, maka perkembangan kecerdasan emosi yang baik akan mempengaruhi perkembangan moral anak-anak dan remaja sehingga perkembangan tingkat pra konvensional yakni periode kepatuhan dan hukuman, periode orientasi minat, tingkat pribadi menuju tingkat konvensional, yakni orientasi interpersonal dan konformitas, serta orientasi otoritas dalam pemeliharaan aturan sosial, akan berlangsung dengan sempurna. Kesempurnaan perkembangan moral ini akan mendukung kesuksesannya dalam pergaulan pada masa dewasa.
Sumber Balai Pustaka, edit koranbumn

Check Also

Jalin Sinergi Aliansi Perguruan Tinggi BUMN Membentuk BUMN Universities

Sebagai komitmen Pertamina untuk melakukan sinergi BUMN, Pertamina ikut serta dalam kegiatan penandatanganan perjanjian kerja …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *