Home / Berita / Sinopsis Buku Berjudul “La Hami”

Sinopsis Buku Berjudul “La Hami”

Disampaikan sinopsis buku berjudul “La Hami” karya Marah Rusli.

Berawal dari sebuah kerinduan akan Pulau Sumbawa, peristiwa demi peristiwa pun terjalin di kepala Marah Rusli, menjadi sebuah kisah yang kemudian mewujud dalam sebuah buku berjudul La Hami. Maka, benarlah teori yang mengatakan bahwa sastra merupakan tiruan (mimesis) atas peristiwa dalam kejadian sehari-hari (imitation of reality) sehingga karya sastra boleh dikatakan sebagai dokumen yang mencatat realitas masala lalu menurut pengamatan penulisnya.

Novel itu menceritakan kehidupan seorang raja yang masih kanak-kanak terpisah dari orang tuanya. Anak itu dibesarkan oleh seorang petani yang mengambilnya sebagai anak angkat. Anak tersebut bernama La Hami. Anak itu tergolong anak yang cerdas karena dalam tiap pertandingan ia selalu menang. Setelah dewasa, ia berperang melawan musuh-musuh negara yang lalim dan pengkhianat. Setelah berhasil memerangi musuh, ia diakui sebagai putra mahkota Kerajaan Bima. Ia kawin dengan putri seorang petani. Mereka kemudian hidup berbahagia.

Sebagai dokumen sosial hasil pengamatan pengarangnya selama tiga tahun bertugas sebagai Kepala Peternakan, novel ini mungkin sekali memberikan gambaran sosial masyarakat Sumbawa. Jika selama ini Marah Rusli lebih dikenal sebagai penulis roman Sitti Nurbaya yang melegenda, melalui penerbitan kembali novel La Hami, penerbit berharap dapat menampilkan sisi lain dari salah seorang sastrawan angkatan Balai Pustaka ini sehingga pemikiran-pemikiran dari pengarang besar ini dapat terdokumentasi secara lengkap.

Apakah novel yang terbit pertama kali di Balai Pustaka pada tahun 1953 masih mengusung isu yang sama dengan novel Sitti Nurabaya? Pertanyaan ini hanya akan terjawab dengan membaca novel La Hami ini.

Sobat Balai Pustaka yang berminat untuk memiliki buku tersebut, silahkan menghubungi ;
1. Bapak Juan >>> 081287972103
2. Bapak Supriadi >>> 081317424255
3. Tokopedia.com/tokobalaipustaka
4. Blanja.com/store/tokobalaipustaka

Sumber Balai Pustaka, edit koranbumn

Check Also

Mulai 19 November 2019, Tiket KA Natal dan Tahun Baru Sudah Bisa Dipesan

PT Kereta Api Indonesia (Persero) sudah merilis jadwal pembelian tiket KA jarak jauh reguler dan KA …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *