Home / Berita / Sinopsis Buku Mitos dan Legenda Suku Mentawai

Sinopsis Buku Mitos dan Legenda Suku Mentawai

Sinopsis Mitos dan Legenda Suku Mentawai karya Bruno Spina.

Cerita di dalam buku ini dikumpulkan oleh Pastor Bruno Spina, berdasarkan cerita-cerita dari orang-orang tua di Mentawai. Selain itu, ia juga telah mempelajari cerita-cerita Mentawai yang pernah terbit dan kemudian membandingkannya dengan yang dimilikinya.

Dalam buku ini dikumpulkan sebagian besar dari cerita-cerita rakyat (Mitos dan Legenda) yang dikenal di Mentawai. Pada saat ini diterbitkan dalam bahasa Mentawai, untuk memungkinkan pengertiannya bagi lebih banyak orang.

Orang Mentawai percaya roh-roh alamiah, jiwa dan hantu-hantu. Roh-roh alamiah itu ditempatkan di langit (taikamanua), di hutam (takaleleu), di laut (taikabaga’t koat) dan di bawah bumi (taikabaga’t polak). Yang paling kuat adalah roh-roh langit (taikamanua). Jiwa dalam tubuh manusia disebit “kecat”. Makanan pokok penduduk di Kepulauan Pagai adalah keladi (taro) dan ikan, di Siberut sagu dan ikan kering. Busur dan panah beracun adalah senjata utama untuk berburu, dan berperang pada masa dahulu.

Di samping itu, makna dari tiap-tiap cerita lebih terjamin jika dibaca dalam bahasa aslinya.
Semoga dengan adanya penerbitan buku ini dalam bahasa Mentawai, dapat membantu kelestarian nilai-nilai positif begitu banyak yang terdapat dalam kebudayaan Mentawai, yang sekarang terancam oleh bermacam-macam unsur kebudayaan dari luar.

Sumber Balai Pustaka, edit koranbumn

Check Also

Bank Indonesia Paparkan Lima Strategi Perkuat Industri Halal di Indonesia

Bank Indonesia (BI) menyampaikan lima strategi ke depan untuk memperkuat industri halal di Indonesia agar …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *