Home / Berita / Supervisi Pembangunan Bendungan Utama dan Pembangunan Spilway Bendungan Bintang Bano

Supervisi Pembangunan Bendungan Utama dan Pembangunan Spilway Bendungan Bintang Bano

Proyek Indra Karya Supervisi Pembangunan Bendungan Utama dan Pembangunan Spilway Bendungan Bintang Bano di Kabupaten Sumbawa Barat, NTB”

Bendungan Bintang Bano ini membendung aliran Sungai Brang Rea yang merupakan sungai terbesar di Kabupaten Sumbawa Barat. Kapasitas tampungan total Bendungan Bintang Bano sebesar 65,84 juta meter kubik yang akan menjadi bendungan dengan kapasitas terbesar di Provinsi NTB.

Kehadiran bendungan ini memiliki fungsi utama untuk pengendalian banjir di Kota Taliwang yang merupakan daerah rawan bajir, suplay air irigasi di bagian hilir seluas kurang lebih 6.000 ha, sumber air baku sebesar 555 liter per detik, dan juga memiliki potensi pariwisata karena lokasinya memiliki pemandangan alam yang bagus dengan kondisi hutan di sekitarnya yang masih terjaga.

Bendungan Bintang Bano merupakan salah satu proyek strategi nasional yang dibangun pada masa pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla dengan tujuan mendukung Nawa Cita mewujudkan ketahanan pangan dan air di wilayah Sumbawa Barat, NTB.

Sumber Indra Karya, edit koranbumn

Check Also

Erick Thohir Menteri BUMN, Pengganti Rini Soemarno

Presiden Joko Widodo (Jokowi) Rabu pagi ini (23/10/2019) memperkenalkan menteri-menteri yang mengisi kabinet 2019-2024 dengan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *