Home / Berita / Tingkatkan Kinerja, Jasa Tirta II Berniat Kelola Tiga Bendungan di Tahun Ini

Tingkatkan Kinerja, Jasa Tirta II Berniat Kelola Tiga Bendungan di Tahun Ini

Perum Jasa Tirta II atau PJT II berniat mengelola tiga bendungan mulai tahun ini sejalan dengan rencana perluasan wilayah kerja. Pengelolaan tiga bendungan ini bakal membuat peran PJT II dalam mengelola sumber daya air (SDA) kian besar.

Direktur Utama PJT II, U. Saefudin Noer mengatakan wilayah operasi perseroan akan meluas ke Banten dan Lampung. Selama ini, Perum Jasa Tirta II beroperasi di Jawa Barat, mencakup 74 sungai anak sungai dengan area seluas 12.000 kilometer persegi. PJT sejak 50 tahun silam telah mengelola Bendungan Juanda atau Bendungan Jatiluhur, bendungan dengan kapasitas terbesar di Indonesia.

Dia menerangkan, pihaknya sedang menunggu penerbitan regulasi baru yang akan menjadi payung hukum perluasan wilayah kerja. Saat ini, operasional PJT II diatur dalam Peraturan Pemerintah No. 7 Tahun 2010. Penerbitan PP baru sebagai landasan hukum bagi perluasan wilayah kerja PJT II diperkirakan terbit pada April 2019.

“Sebagai Perum, PJT juga tetap bisa ekspansi. Waduk-waduk yang dibangun pemerintah bisa dikelola [oleh PJT II],” ujarnya di Jatiluhur, pekan lalu.

Menurut Saefudin, pengelolaan sumber daya air menjadi hal penting karena menyangkut hajat hidup orang banyak. Dia menggambarkan, air dari Bendungan Juanda dialirkan untuk irigasi lahan pertanian di Jawa Barat dan sumber air baku utama bagi DKI Jakarta.

Berdasarkan Laporan Tahunan Perum Jasa Tirta II 2017, perseroan telah mengelola 8 miliar meter kubik air baku per tahun dari potensi sebanyak 13 miliar kubik per tahun. Sebanyak 90% dari jumlah itu disalurkan untuk irigasi 300.000 hektare lahan pertanian di Jawa Barat.

PJT II juga menyalurkan hampir 1 miliar meter kubik air baku untuk PDAM dan industri. Sementara itu, air bersih yang disalurkan pada 2017 mencapai 2,2 juta meter kubik.

Sumber Bisnis, edit koranbumn

Check Also

Jalin Sinergi Aliansi Perguruan Tinggi BUMN Membentuk BUMN Universities

Sebagai komitmen Pertamina untuk melakukan sinergi BUMN, Pertamina ikut serta dalam kegiatan penandatanganan perjanjian kerja …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *