Home / Anak Perusahaan / Tingkatkan Pemahaman Kualitas dan Produktivitas, TMMIN Gelar Kaizen Forum Meeting di IPCC

Tingkatkan Pemahaman Kualitas dan Produktivitas, TMMIN Gelar Kaizen Forum Meeting di IPCC

Sebagai pengelola terminal kendaraan yang terus berupaya untuk memaksimalkan nilai tambah bagi seluruh pemangku kepentingan (stakeholders) PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk (IPCC) mendapat kehormatan untuk menyediakan tempat diselenggarakannya kegiatan Kaizen Forum Meeting.

Forum ini merupakan pertemuan yang rutin diadakan, terutama oleh Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) untuk membahas berbagai hal terkait dengan proses produksi, peningkatan kualitas produk secara berkelanjutan, hingga peningkatan keamanan kerja.

Dari sumber yang diperoleh Kaizen adalah salah satu strategi dalam menerapkan Lean Manufacturing pada sebuah perusahaan. Istilah Kaizen berasal dari bahasa Jepang yaitu kata KAI [改] dan ZEN [善]. Kata “KAI” yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia memiliki arti “berubah” sedangkan “ZEN” yang artinya adalah “Baik”. Jadi jika diartikan secara langsung maka arti Kaizen adalah “Merubah menjadi lebih baik”.

Di dalam Industri, Kaizen merupakan suatu strategi yang dipergunakan untuk melakukan peningkatan secara terus-menerus ke arah yang lebih baik terhadap proses produksi, kualitas produk, pengurangan biaya operasional, mengurangi pemborosan hingga peningkatan keamanan kerja.

Indra Hidayat Sani selaku Direktur Operasi dan tuan rumah menyampaikan, “Hal tersebut sejalan dengan visi IPCC untuk menjadi pengelola terminal kendaraan kelas dunia yang unggul dalam operasional dan pelayanan.

Dari sisi IPCC, selain sejalan dengan visinya juga merupakan penghargaan yang tinggi oleh karena sebagai anggota baru dari Toyota Logistic Community, IPCC sudah melaksanakan banyak kemajuan improvement / kaizen sesuai standar safety dan quality yang ditetapkan oleh TMMIN sebagai perpanjangan tangan dari Toyota Motor Jepang”. S. Joko, VP Terminal Internasional menambahkan, “Kegiatan forum ini merupakan pertemuan Kaizen Forum Meeting yang ke 17 dengan dihadiri 25 mitra logistik TMMIN, termasuk IPCC sebagai anggota baru, yang tergabung dalam TLC.

Sumber IPCC, edit koranbumn

Check Also

PIM Gelar Supervisi Sistem Manajemen Pengamanan Oleh Tim Auditor dari Baharkam Mabes Polri dan Polda Aceh

Sebagai salah satu objek vital nasional, PT Pupuk Iskandar Muda (PT PIM) perlu mendapatkan perlakuan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *