Home / Berita / Tips Menikmati Wisata Kraton Ratu Boko

Tips Menikmati Wisata Kraton Ratu Boko

Candi Ratu Boko terletak di dua wilayah, yaitu padukuhan Dawung yang berada di Desa Bokoharjo di bagian barat dan padukuhan Sumberwatu yang masuk wilayah Desa Sambirejo di bagian timur. Situs ini berada kurang lebih dua kilometer di sebelah selatan komplek Candi Prambanan.

Ada banyak aktivitas wisata yang dapat dilakukan di sini, antara lain rekreasi situs sejarah, menikmati pemandangan alam yang terdiri dari hamparan bukit-bukit, Gunung Merapi, Candi Prambanan, sunrise dan sunset; berkemah, tracking, dan lain-lain. Berikut adalah kegiatan yang biasa dilakukan oleh pengunjung

• Wisata Sejarah Situs Ratu Boko Kawasan yang memiliki karakter unik dan berbeda ini memiliki beberapa bangunan yang bernilai sejarah tinggi. Peninggalan-peninggalan sejarah ini banyak terdapat di bukit timur Boko. Bangunan-bangunan ini terdiri dari, gapura utama, Candi Batu Putih, Candi Pembakaran, Paseban, Pendopo, Keputren, serta Gua Lanang dan Gua Wadon.

• Bersemedi dan Ritual Keagamaan di Gua Lanang dan Gua Wadon. Selain bersemedi, beberapa pengunjung/masyarakat, khusunya masyarakat Hindu, juga melakukan ritual. Ritual yang biasa dilakukan adalah pengambilan air di bak air yang letaknya di depan Candi Pembakaran sehari sebelum hari raya Nyepi. Air ini dibawa ke Candi Prambanan untuk upacara tawur agung (hari raya Nyepi). Sebelum dibawa ke Candi Prambanan, dilakukan ritual terlebih dahulu di batur Paseban.

• Berkemah Area yang digunakan untuk berkemah terletak di area Boko Barat dekat dengan pintu masuk utama. Disediakan pula perlengkapan yang memadai sehingga mempermudah dan dapat menambah kenyamanan pengunjung. Area yang berbukit dengan nuansa alam yang asri sangat cocok untuk melakukan kemah. Lokasi perkemahan berada di lahan yang berkontur landai dan sudah dikeraskan untuk penempatan tenda.

• Tracking Kegiatan ini yaitu kegiatan menyusuri bukit-bukit dan kawasan di sekitar Situs Ratu Boko.

• Menikmati pemandangan sekitar Pemandangan di sekitar kawasan yang sangat indah, dapat dijadikan alternatif aktivitas wisata lainnya. Pemandangan yang dapat dilihat dari dalam kawasan antara lain Candi Prambanan dan Gunung Merapi di sebelah utara kawasan. Pemandangan bukit Boko yang mengelilingi situs dapat terlihat dengan jelas dari sebelah barat di sepanjang jalan menuju Gapura Utama dan di sebelah timur. Dari sebelah barat kawasan pengunjung disuguhkan pemandangan matahari terbenam.

Sumber TWC, edit koranbumn

Check Also

Mulai 19 November 2019, Tiket KA Natal dan Tahun Baru Sudah Bisa Dipesan

PT Kereta Api Indonesia (Persero) sudah merilis jadwal pembelian tiket KA jarak jauh reguler dan KA …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *