Home / Berita / Tol listrik Sumbawa-Bima Resmi Telah Rampung

Tol listrik Sumbawa-Bima Resmi Telah Rampung

Tol listrik Sumbawa-Bima resmi rampung. Hadirnya infrastruktur kelistrikan ini tentunya akan membuat kelistrikan di NTB dan NTT akan semakin andal.

Pembangkit-pembangkit baru ini akan meningkatkan kapasitas penyediaan listrik sehingga mampu mendorong pertumbuhan ekonomi dan pariwisata. Selain itu, beroperasinya Tol Listrik Sumbawa sepanjang 461 kms (kilo meter sirkuit) yang menghubungkan sistem kelistrikan Sumbawa dan Bima, akan membuat sistem kelistrikan semakin handal dan efisien.

Seluruh pembangkit ini dapat melistriki sekitar 286.000 kepala keluarga pelanggan listrik 900 VA dan berpotensi mengurangi biaya pokok produksi kurang lebih Rp18,02 miliar per bulan dibandingkan jika menggunakan PLTD. .
Khusus di NTB, hingga Juni 2019, Rasio Elektrifikasi (RE) mencapai 97,9%.

Beroperasinya infrastruktur-infrastruktur kelistrikan baru dapat meningkatkan RE mencapai 99% pada akhir 2019. Hal ini diharapkan dapat mendorong munculnya bisnis dan industri di Pulau Sumbawa.

Sementara untuk di NTT hingga Juni 2019, RE mencapai 72% dan ditargetkan dapat mencapai 90% pada akhir 2019.

Sumber PLN, edit koranbumn

Check Also

Digitalisasi Pembayaran, BNI Fasilitasi Hak Tanggungan Secara Online

Kini proses pengurusan Hak Tanggungan dapat dilakukan secara online. Kemudahan proses tersebut dibarengi dengan digitalisasi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *