Home / Berita / Tunggu Izin Kementerian BUMN, Pegadaian Persiapkan IPO Tahun Depan

Tunggu Izin Kementerian BUMN, Pegadaian Persiapkan IPO Tahun Depan

PT Pegadaian (Persero) tengah bersiap-siap untuk melantai di bursa efek tahun depan. Untuk itu, perusahaan gadai milik negara ini mempekerjakan konsultan untuk menilai untung ruginya melakukan initial public offering (IPO).

Direktur Utama Pegadaian Kuswiyanto mengatakan, pihaknya masih menunggu izin tertulis dari Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Jika diizinkan, Pegadaian siap merealisasikannya karena ditopang kondisi ekonomi dan politik yang membaik pasca pemilihan presiden 2019.

“Dengan kondisi ini mungkin saatnya bisa IPO. Kami siap banget kalau diizinkan,” kata Kuswiyanto di Yogyakarta, Jumat (26/7).

Menurut Kuswiyanto, dengan menjadi perusahaan terbuka, Pegadaian akan lebih transparan dan bisa ekspansi ke pasar global. Misalnya, memasarkan produk Pegadaian kepada para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang ada di luar negeri.

“Bagaimana kami meraih potensi dari para TKI di luar melalui produk yang cocok dengan mereka, seperti tabungan emas dan arrum haji. Dengan produk ini mereka bisa membayarkan haji orang tuanya,” jelas dia.

Selain memperluas pasar global, potensi IPO akan menopang tambahan pendanaan perseroan meskipun kondisi finansial Pegadaian sudah kuat. Harapannya, setelah berstatus sebagai perusahaan terbuka bisa bisa bermanfaat bagi internal Pegadaian serta ekonomi makro.

Sumber Kontan, edit koranbumn

Check Also

PTPN IV Menerima Penghargaan sebagai Responden Liaison Terbaik 2019

PT Perkebunan Nusantara IV menerima penghargaan sebagai Responden Liaison Terbaik 2019 pada Pertemuan Tahunan Bank …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *