Home / Berita / Festival Keris Ratu Boko

Festival Keris Ratu Boko

PT Taman Wisata Candi (TWC) Unit Ratu Boko bekerja sama dengan Komunitas Keris Lar Gangsir Yogyakarta mengadakan pameran keris bertajuk Festival Keris Ratu Boko, dari Jumat (14/6) sampai Kamis (19/6) nanti. Festival yang bertempat di Andrawina Boko Resto ini menyajikan aneka keris dan juga senjata khas nusantara lainnya, seperti Kujang, Pedang, Tombak dan lainnya.

Momen liburan seperti sekarang dianggap cocok untuk mengangkat kembali keberadaan keris. Keris yang dipamerkan mulai dari zaman Majapahit, Pajajaran hingga kemerdekaan.

Festival digelar menyusul keprihatinan pengelola Kraton Ratu Boko terkait makin kurangnya apresiasi masyarakat terhadap keris yang merupakan senjata asli Tanah Air. Masyarakat saat ini, terutama generasi muda, hanya mengetahui keris justru terkait hal-hal negatif yang bersifat mistis dan magis.

Momen liburan seperti sekarang dianggap cocok untuk mengangkat kembali keberadaan keris. Keris yang dipamerkan mulai dari zaman Majapahit, Pajajaran hingga kemerdekaan. “Pameran ini juga untuk memberikan edukasi kepada masyarakat untuk meningkatkan apresiasi terhadap keris yang telah diakui UNESCO dan mendukung pariwisata di Yogyakarta dan sekitarnya,” ungkap Nilo yang juga anggota, Komunitas Keris Lar Gangsir Yogyakarta.

Menurutnya pameran keris bertema ‘Keris dan Pusaka dalam Peradaban Nusantara’ menampilkan 112 keris dan pusaka yang mewakili berbagai masa dan kerajaan-kerajaan di nusantara hingga sekarang ini.

Selain menikmati sajian keindahan seni dari tosan aji, pengunjung juga dapat menikmati sajian pesona pemandangan dari tempat pameran ini. Keindahan Ratu Boko, terutama kala menjelang matahari terbenam, sangat menawan dan sayang untuk dilewatkan. Dengan datang ke pameran ini, anda pun akan melihat dua pesona yang menarik, belajar tradisi tosan aji nusantara dan memandangi kekayaan alamnya.

Sumber TWC, edit koranbumn

Check Also

BSN Memberikan Apresiasi atas Komitmen Pupuk Kaltim Terapkan SNI

Sejumlah produk dan inovasi PT Pupuk Kaltim (Persero) yang berbasis teknologi dipamerkan dalam rangkaian peringatan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *