Home / Berita / 72 tahun DAMRI

72 tahun DAMRI

Selamat pagi sahabat BUMN. “Djawatan Angkoetan Motor Republik Indonesia” atau disingkat DAMRI, adalah perusahaan BUMN yang menyelenggarakan angkutan darat bagi kepentingan masyarakat dengan menggunakan truk, bus serta jenis angkutan motor lainnya.

DAMRI merupakan perpanjangan sejarah dari perusahaan angkutan semasa pendudukan Jepang di Indonesia sekitar tahun 1943, bernama Jawa Unyu Zigyosha, yaitu sebuah perusahaan angkutan barang dengan truk dan cikar di pulau Jawa serta Zidosha Sokyoku adalah sebuah perusahaan angkutan penumpang bus.

Pada tanggal 17 Agustus 1945 kedua perusahaan angkutan tersebut diserahkan kepada Pemerintahan Republik Indonesia yang diganti nama menjadi “Djawatan Pengangkutan Untuk Angkutan Barang” dan “Djawatan Angkutan Darat Untuk Angkutan Penumpang”. Kemudian pada tanggal 25 November 1946 perusahaan ini dijadikan satu bernama DAMRI “Djawatan Angkoetan Motor Republik Indonesia”. Jadi tanggal 25 November adalah Hari Jadi DAMRI.

Seiring perkembangan zaman, DAMRI hadir di seluruh Provinsi di Indonesia dan turut berperan dalam mendukung pertumbuhan ekonomi dan menjaga NKRI melalui Konektivitas darat.
Memiliki Visi Menjadi Perusahaan transportasi kelas dunia yang handal, berkinerja unggul dan berkelanjutan dengan konektivitas transportasi berbasis teknologi mutakhir sehingga memberikan pelayanan yang berkualitas prima untuk pelanggan.
Dengan perkembangannya yang pesat, DAMRI semakin peduli dan profesional, izin share pantunnya.

Pantun 72 tahun DAMRI

Indah mengalun lagu Widuri
Bob Tutupoly penyanyi terkenal
72 tahun DAMRI membangun negeri
Semakin peduli dan profesional.

Jakarta, 25 November 2018
Achmad Fachrodji
Balai Pustaka.

Sumber InBAlaiPustaka

Check Also

Aslog Kasal, Laksda TNI Moelyanto Meresmikan Gunnery Firing Range

Aslog Kasal, Laksda TNI Moelyanto meresmikan Gunnery Firing Range (GFR) di Pusat Penembakan Kodikopsla Kodiklatal, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *