Home / Berita / Mengenal Kota Bontang

Mengenal Kota Bontang

Kota Bontang seakan sudah menjadi Kota Pupuk Kaltim, kota berdiri dan berkembangnya PT Pupuk Kaltim salah satu anak usaha  Pupuk Indonesia (Holding).  Info singkat untuk mengenal lebih dekat Kota  Bontang yakni :

1. Asal usul Nama Bontang.
Menurut cerita turun-temurun, “bontang” merupakan akronim Bahasa Belanda “bond” yang berarti kumpulan atau Bahasa Inggris yang artinya ikatan persaudaraan serta “tang” dari kata pendatang. Sebutan ini diberikan karena cikal bakal kampung Bontang tidak lepas dari peran pendatang.

Asal Muasal nama Bontang, berdasarkan kitab saway yang ada di Kesultanan Kutai Kartanegara bahwa yang memberi nama Bontang adalah Adji Batara Agung Dewa Sakti (1300-1325)

2. Kota Bontang.
Perjalanan Via darat kurang lebih 200km dari Balikpapan atau 6 jam ditempuh jika perjalanan darat dan 120 kilometer dari Kota Samarinda atau kurang lebih 3 jam jika perjalanan darat.

3. Transportasi Via Udara.
Transportasi Via Udara dari Pupuk Kaltim Bekerjasama dengan PT Nusantara Air Charter (NAC) dari Balikpapan ke Bontang hanya 30-45 menit dan mendarat di Bandar Udara Milik PT Badak NGL.

 

Check Also

JPPI Selenggarakan Risk Maturity Level Assesment

Divisi Manajemen Risiko PTJasa Peralatan Pelabuhan Indonesia ( JPPI ), anak usaha Pelindo II selenggarakan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *