Rabu 16 Januari 2019, Direktur Utama PT Perkebunan Nusantara IX – Iryanto Hutagaol melakukan kunjungan ke Afdeling Pesantren, Unit Kebun Semugih dalam rangka memantau perkembangan usaha budidaya udang vannamei.  Direktur Utama PTPN IX didampingi oleh tim Project Manager, Kepala Bagian Sekretaris Perusahaan, Kepala Bagian SPI, Kepala Bagian SDM & Umum, serta Manager kebun Semugih.

Usaha Budidaya Uang Vannamei PTPN IX merupakan salah satu program transformasi perusahaan yang bersinergi dengan Perum Perikanan Indonesia (PERINDO) salah satu BUMN yang bergerak dalam pembangunan dan pengembangan sektor kelautan dan perikanan. Kerjasama ini memiliki jangka waktu 5 tahun dengan luasan 10 hektar, selain itu PTPN IX juga mengembangkan sendiri usaha udang vannamei ini secara mandiri dengan luasan 20 ha. Usaha udang vannamei ini ditargetkan bisa menyumbangkan laba bagi perusahaan sebesar Rp. 2,498 Milyar dimana sebesar 6,7% dari total target keuntungan PTPN IX pada RKAP 2019

Iryanto Hutagaol  menyampaikan PTPN IX memiliki harapan yang besar bahwa usaha udang vannamei mampu memberikan dampak yang positif baik dari segi laba dan sinergi antar BUMN yang dijalin. Selain itu Direktur Utama juga berpesan untuk tetap memegang prinsip akuntabilitas serta  mampu meminimalkan risiko dalam setiap keputusan yang diambil.

Kunjungan ditutup dengan melakukan kunjungan lapangan ke lokasi petak tambak bersama dengan perwakilan Perindo.

Sumber PTPN IX /edit koranbumn