Home / Berita / Faktor Mempengaruhi Premi Asuransi Jiwa

Faktor Mempengaruhi Premi Asuransi Jiwa

Di bawah ini adalah beberapa faktor yang mempengaruhi premi asuransi jiwa. Tentu faktor ini saling berkesinambungan dan beberapa faktor ini akan dihitung sekaligus dalam perhitungan premi Anda nantinya.

#1 Usia Tertanggung

Semakin muda usia tertanggung, maka premi asuransi jiwa pun akan semakin murah. Sebaliknya, jika usia tertanggung semakin tua, maka premi pun akan semakin mahal.

Biasanya tertanggung yang memiliki usia di bawah 30 tahun akan dimudahkan aplikasinya dan bahkan terdapat beberapa perusahaan asuransi yang tidak memerlukan pemeriksaan dari klien yang berusia di bawah 30 tahun.

Sedangkan untuk usia yang lebih tua, biasanya, akan dibutuhkan pemeriksaan medis untuk menentukan lebih lanjut kondisi kesehatan mereka.

Hal ini dikarenakan statistik kematian yang menjadi lebih tinggi ketika seseorang memasuki usia yang lebih dewasa. Tentu usia bukan satu-satunya penentu tingkat harga premi.

Premi Asuransi Jiwa 02 – Finansialku

#2 Kebiasaan Merokok

Jika Anda pernah membeli atau bertemu dengan agen asuransi, pada saat perhitungan premi, pasti Anda pernah ditanyakan mengenai kebiasaan merokok. Kebiasaan merokok ini dinilai menjadi sumber dari segala penyakit.

Tidak heran jika Anda memiliki kebiasaan merokok maka, Anda harus membayar premi yang lebih mahal. Alasannya karena risiko penyakit dan kematian akan lebih besar karena Anda merokok.

#3 Riwayat Kesehatan

Riwayat kesehatan yang buruk dapat membuat premi menjadi lebih mahal. Hal ini disebabkan karena tingginya kemungkinan penyakit tersebut akan datang lagi dan risiko kematian akan semakin besar.

Untuk mengurangi potensi kerugian perusahaan asuransi, maka premi yang dikenakan kepada tertanggung menjadi lebih mahal

#4 Jenis Pekerjaan

Jenis pekerjaan menentukan tinggi rendahnya risiko kematian seseorang.

Jika Anda bekerja di kantor, mungkin risiko kecelakaan dan kematian Anda lebih kecil dibandingkan dengan orang yang bekerja di perusahaan konstruksi atau pertambangan.

Semakin tinggi risiko kecelakaan atau kematian pada pekerjaan Anda, semakin mahal pula premi bulanan yang harus dibayar.

#5 Masa Pertanggungan

Kontrak sebuah polis asuransi jiwa sangat beragam, ada yang berjangka pendek seperti 5 tahun ada pula yang berjangka panjang hingga 20 tahun.

Jangka waktu kontrak polis ini akan mempengaruhi besar kecilnya premi yang harus Anda bayar.

Semakin panjang masa pertanggungan polis asuransi, semakin mahal pula premi yang harus Anda bayar. Sebaliknya, jika masa pertanggungan Anda singkat maka premi yang harus Anda bayar akan lebih murah.

Masa pertanggungan ini harus disesuaikan dengan kebutuhan, yang tepat adalah hingga usia tanggungan Anda sudah cukup mandiri untuk menghidupi dirinya sendiri.

Sebagai contoh, anak sulung Anda sudah berumur 15 tahun dan estimasi pada usia 25 tahun, ia dapat bekerja dan menghidupi dirinya sendiri, maka kontrak polis asuransi yang sebaiknya Anda ambil adalah 10 tahun.

Jika Anda membeli kurang dari 10 tahun, maka polis asuransi akan menjadi kurang berguna. Jika Anda membeli lebih dari 10 tahun, maka premi yang perlu Anda bayar lebih mahal.

#6 Jumlah Uang Pertanggungan

Jumlah jaminan yang Anda minta atau perlukan akan berdampak pada premi yang harus Anda bayar.

Logikanya, jika Anda ingin mendapatkan uang pertanggungan yang besar, maka premi yang harus Anda bayar pasti harus lebih besar.

Jika Anda cukup dengan uang pertanggungan yang kecil, maka premi yang perlu Anda bayar pun tidak akan tinggi.

Oleh karena itu, diperlukan perhitungan yang matang dan tepat untuk mengetahui kebutuhan uang pertanggungan.

Menghitung uang pertanggungan bukan hal yang mudah. Terdapat beberapa hal yang harus Anda hitung dan masukkan ke dalam rumus.

Untuk itu, Anda membutuhkan bantuan agen asuransi atau aplikasi yang membantu Anda menghitung.

Mulai Asuransi Sejak Dini

Semakin cepat Anda memulai asuransi, maka premi asuransi akan lebih murah.

Selain itu, semakin dini Anda memulai asuransi, Anda akan terhindar dari gaya hidup yang buruk atau risiko penyakit sehingga premi pun akan semakin murah.

Lindungi diri Anda dan ingat bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati.

Sumber Jiwasraya /kompasedit koranbumn.com

 

Check Also

Peruri Gelar Best Employee & Innovation Award 2019

Peruri menyelenggarakan malam penganugerahan/awarding night kepada penerima penghargaan dan pemenang Best Employee & Innovation Award …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *