Home / Berita / HUT RI ke-73, Pelindo IV Gelar Upacara di Ternate

HUT RI ke-73, Pelindo IV Gelar Upacara di Ternate

PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) menggelar upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-73 di Kota Ternate, Maluku Utara, Jumat (17 Agustus 2018).

Direktur Utama PT Pelindo IV, Doso Agung bertindak sebagai pemimpin upacara HUT Kemerdekaan RI ke-73 yang digelar di depan Terminal Penumpang PT Pelindo IV Cabang Ternate.

Selain dihadiri pejabat struktural PT Pelindo IV, peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-73 di Ternate juga dihadiri oleh Staf Khusus V Menteri BUMN, Parman Nataatmadja, Komisaris Utama PT Brantas Abipraya (Persero), Haryadi, Komisaris, Ramli Ibrahim, Direktur Utama PT Brantas Abipraya, Bambang Esti Marsono dan Sekretaris Perusahaan PT Brantas Abipraya, Miftakhul Anas.

Hadir pula di upacara tersebut, Komisaris PT Balai Pustaka (Persero), Hamid Basyaib dan Razif, serta Direktur Utama PT Balai Pustaka, Achmad Fachrodji.

Turut hadir, Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah 1 Kota Ternate, Saiful Hasan, sebagai penerima bantuan Taman Bacaan.

Direktur Utama PT Pelindo IV, Doso Agung mengatakan bahwa kegiatan upacara memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-73 adalah puncak perayaan “BUMN Hadir untuk Negeri” yang merupakan Program Kementerian BUMN yang sudah dilaksanakan sejak 2015.

Tahun ini kata Doso, Pelindo IV mendapat giliran sebagai tuan rumah (Host) penyelenggaraan Program “BUMN Hadir untuk Negeri” di Ternate, Maluku Utara, bersama 2 BUMN lainnya sebagai co host, yaitu PT Brantas Abipraya dan PT Balai Pustaka.

Dalam sambutannya, Doso Agung menekankan bahwa Badan Usaha Milik Negara (BUMN) adalah salah satu fungsi kelembagaan yang dibentuk oleh pemerintah untuk mempercepat aktualisasi terwujudnya cita-cita kemerdekaan yaitu masyarakat yang sejahtera, adil dan makmur.

“Hal ini sesuai dengan Tagline dari Kementerian BUMN yaitu “BUMN Hadir untuk Negeri”, yang berarti BUMN memiliki fungsi dan tugas pokok sebagai agent of development disamping kewajibannya untuk dapat terus mengembangkan usaha dan memperoleh laba sebagai bagian kontribusi pendapatan Negara.”

Dia menambahkan, fungsi agent of development dilaksanakan sebagian besar dalam rangka meningkatkan kesejahteraan dan meringankan beban rakyat, terutama untuk masyarakat di wilayah terluar, terpinggir dan tertinggal antara lain melalui program Listrik murah, Program Tol Laut, BBM Satu Harga dan Program Rumah Kita. Seluruh program tersebut di motori oleh BUMN bersama instansi Pemerintah lainnya, dalam menyukseskan program-program strategis pemerintah dewasa ini.

Dalam hal pembangunan logistik menurut Doso, PT Pelabuhan Indonesia IV telah melakukan berbagai terobosan program strategis antara lain pembangunan dermaga dan reklamasi kolam seluas 8.300 m2 serta pemasangan 1 unit container cranepada bulan September nanti beserta peralatan pendukungnya, untuk dapat meningkatkan kapasitas Pelabuhan Ternate menjadi 2 kali lipat. Selain Program “Direct Export dan Direct Call” untuk wilayah Timur Indonesia.

Melalui program tersebut lanjutnya, saat ini kegiatan ekspor dari wilayah timur Indonesia dapat dilakukan lebih singkat, murah dan berdaya saing. Sehingga, saat ini pertumbuhan ekonomi Kawasan Timur Indonesia rata-rata diatas Kawasan Barat Indonesia.

Sesuai dengan data BPS, pertumbuhan tertinggi kuartal II-2018 dicapai oleh Maluku dan Papua sebesar 18,18%. Sementara Kalimantan 3,31%, Bali dan Nusa Tenggara 3,75%, Jawa 5,69% dan Sumatera 4,65%.

“Harapannya, dominasi sektor tambang sebagai motor pertumbuhan ekonomi Indonesia Timur nantinya dapat digantikan oleh sektor Perikanan, Perkebunan, Pertanian dan Usaha Kelautan lainnya yang merupakan potensi terbesar Kawasan Timur Indonesia.”

Doso juga menyebutkan, untuk memeriahkan dan memberikan pengetahuan kepada masyarakat luas, pada peringatan Hari Kemerdekaan RI yang ke-73 kali ini, BUMN menghadirkan beberapa program sosial yang secara nyata dapat dinikmati langsung oleh masyarakat, yaitu Upacara Bendera, Jalan Sehat 5 KM, Pasar Murah, Siswa Mengenal Nusantara, Pembangunan MCK dan Taman Bacaan serta Pemberian Bea Siswa.

Dia berharap, agar keseluruhan program yang dilaksanakan tersebut dapat bermanfaat secara optimal bagi seluruh masyarakat terutama di Ternate, Maluku Utara. Selanjutnya kami mengucapkan terima kasih dan menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah membantu terselenggaranya acara ini dengan baik,” tukas Doso.

Sumber Situs Web Pelindo4

Check Also

Peruri Gelar Best Employee & Innovation Award 2019

Peruri menyelenggarakan malam penganugerahan/awarding night kepada penerima penghargaan dan pemenang Best Employee & Innovation Award …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *