Home / Berita / Jasa Marga Dorong Kemajuan UKM Wanita

Jasa Marga Dorong Kemajuan UKM Wanita

PT Jasa Marga (Persero) Tbk. mendorong kemajuan para pelaku UKM (Usaha Kecil Menengah) wanita Indonesia. Dukungan tersebut dilakukan dalam berbagai macam bentuk, seperti mengikutsertakan mitra binaan Jasa Marga dalam berbagai kegiatan.

Salah satu kegiatan yang dimaksud adalah Temu Nasional Seribu Organisasi Perempuan Indonesia yang berlangsung di Hotel Grand Inna Malioboro, Yogyakarta, 13-18 September 2018. Kegiatan atas inisiasi Kongres Wanita Indonesia (KOWANI) dan Kementerian BUMN ini merupakan rangkaian dalam Sidang Umum Dewan Perempuan Internasional Perserikatan Bangsa-Bangsa ke-35 (International Council of Women ICW-CIF General Assembly Meeting).

Acara Temu Nasional Seribu Organisasi Perempuan Indonesia diikuti oleh sekitar 2.000 peserta dari berbagai organisasi atau komunitas. Selain itu, ratusan peserta dari luar negeri juga turut berpartisipasi dalam acara tersebut.

Turut hadir untuk membuka acara, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang didampingi sejumlah Menteri Kabinet Kerja antara lain Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri BUMN Rini M. Soemarno, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Anak Yohana Yambise, Menteri Kesehatan Nilla F. Moeloek, dan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo hadir membuka secara resmi acara Temu Nasional Seribu Organisasi Perempuan Indonesia pada Jumat (14/9). Turut hadir mendampingi dalam pembukaan tersebut Menteri BUMN Rini M. Soemarno, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Anak Yohana Yambise, Menteri Sekretaris Negera Pratikno serta 23 Badan Usaha Milik Negara.

Dalam sambutannya Presiden Jokowi menyampaikan, “Aset terbesar bangsa ini adalah persatuan, persaduaraan dan kerukunan. Oleh karenanya, ini tugas kita bersama untuk menjaga. Kalau kita bersatu, ini akan menjadi sebuah kekuatan besar dan itu bisa kita buktikan pada dua minggu yang lalu Indonesia baru menyelesaikan perhelatan besar Asian Games yang ke-18”.

Ia juga menegaskan, dari 31 raihan medali emas yang didapatkan para atlet nasional 12 medali diantaranya disumbangkan oleh atlet perempuan Indonesia. Tidak sedikit juga kaum perempuan yang menjadi pahlawan Indonesia, seperti Laksamana Manahayati, Dewi Sartika, R.A Kartini, Christina Martha Tiahahu dan masih banyak lagi.

Masih dalam rangkaian acara yang sama, Jasa Marga turut berpartisipasi dalam kegiatan Pameran Nusantara yang melibatkan 23 BUMN lainnya di yang berlangsung sejak 12-18 September 2018. Sebanyak tiga UKM Jasa Marga terpilih untuk mengikuti pameran tersebut.

Mitra binaan Jasa Marga yang terpilih itu adalah Tatik Handycraft asal Boyolali, Jawa Tengah yang tampil dengan produk kerajinan rumah tembaga binaan Jasa Marga Cabang Semarang. Lalu, Kopi Nawa asal Pasuruan, Jawa Timur dengan produksi kopi robusta yang mempunyai cita rasa khas dan unik binaan Jasa Marga Cabang Surabaya-Gempol. Terakhir adalah Jelita asal Kuningan, Jawa Barat dengan minuman jeruk nipis peras (Jeniper) yang juga oleh-oleh khas daerah yang menjadi mitra binaan Jasa Marga Cabang Palimanan-Kanci.

Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani yang hadir dalam kegiatan, turut mengunjungi masing-masing tenant mitra usaha binaan Jasa Marga. Ia berdialog dengan para pemilik usaha mengenai perjalanan usaha yang dijalankan hingga kualitas produk usaha yang dijual. Desi juga menyempatkan untuk membeli beberpa produk kerajinan tangan dari mitra usaha Jasa Marga Tersebut.

Mengusung tema “90 Tahun Perjuangan Perempuan Indonesia Menjadi Ibu Bangsa Sejati dalam Rangka Mewujudkan Indonesia”, kegiatan Temu Nasional Seribu Organisasi Perempuan Indonesia diharapkan bisa memberikan sarana bagi kaum perempuan tanah air untuk bertukar informasi dan berbagi pengalaman di berbagai bidang.

Sumber Situs Web Jasa Marga

Check Also

PGN Tugaskan Pertagas untuk Lebih Aktif Berbisnis Pipa Transmisi Minyak

PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) akan menugaskan anak usahanya, PT Pertagas untuk lebih aktif …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *