Home / Berita / Jiwasraya Beri Pelatihan Mitra Binaan Menerapkan Sistem Peternakan Terintegrasi

Jiwasraya Beri Pelatihan Mitra Binaan Menerapkan Sistem Peternakan Terintegrasi

PT Asuransi Jiwasraya (Persero) memberikan pembinaan untuk peternak sapi di dua lokasi berbeda. Hal tersebut dilakukan agar pengelolaan usaha yang dilakukan mitra binaanya berjalan sesuai harapan.

Pada Jumat (1/2), diberikan pelatihan kepada Kelompok Ternak Karya Lestari di Desa Beringin Makmur, Kerumutan, Pelalawan. Peternak diberikan pembekalan penanganan limbah secara lebih baik. Sehingga dapat memberi nilai ekonomis, seperti mengolah limbah menjadi pupuk.

Sebelumnya, Kamis (31/1) PT Jiwasraya juga memonitoring pada Kelompok Ternak Umbansari Sukses Bersama, di Umbansari, Rumbai, Pekanbaru. Tujuannya untuk melihat perkembangan usaha mitra binaan yang selama ini sudah mendapatkan pembiayaan dari PT Asuransi Jiwasraya (Persero).

Dhanny Bachtazar, Kepala PKBL Head Office Jiwasraya, Minggu (2/2) mengatakan, usaha peternakan perlu dikelola secara terintegrasi dengan memadukan berbagai unsur terkait.

Sehingga mampu memberikan hasil yang optimal dan berkelanjutan.

“Dengan pola terpadu, bukan saja bisa meningkatkan efisiensi tetapi juga memberikan nilai tambahan bagi para peternak. Masih banyak usaha peternakan terutama peternakan sapi yang belum melakukan pengelolaan limbahnya dengan baik, sehingga berdampak buruk bagi lingkungan sekitarnya,” katanya.

Diakuinya, pembinaan melalui Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) ini sudah dilakukan sejak lama.

Pembinaan yang diberikan antara lain dengan memberikan bantuan modal dengan biaya rendah, pembinaan melalui pelatihan dan pendampingan.

Dengan demikian, kebutuhan para peternak dalam hal pemenuhan modal, pengetahuan dan ketrampilan serta penguatan kelompok dan perluasan jaringan bisa terpenuhi dalam mengembangkan usaha yang mereka jalankan.

“Kami akan terus mengembangkn kegiatan pembinaan seperti ini dalam rangka membantu memperkuat pelaku usaha mikro dan kecil (UMK) sebagai sokoguru perekonomian nasional,” kata Dhanny Bachtazar, Kepala PKBL Head Office Jiwasraya.

Dalam menjalankan kegiatan ini pihak PT Asuransi Jiwasraya menggandeng PT Permodalan Nasional Madani, yang khusus bergerak di bidang pengembangan UMK.

“Dengan adanya keterpaduan antara segi pembiayaan dan pembinaan ini diharapkan mampu mengembangkan usaha peternakan yang akhirnya diikuti oleh peningkatan pendapatan dan kesejahteraan para peternak, sekaligus memberikankan manfaat yang lebih besar bagi masyarakat sekitarnya,” kata Hikmah Yetty, Pimpinan PNM Cabang Pekanbaru.

Sumber Tribun Pekanbaru, edit koranbumn

Check Also

Dirut Doso Agung Bersama Gubernur Bali Bahas Revitalisasi Pelabuhan Benoa Bali

Direktur utama Pelindo III Doso Agung bersama jajaran direksi Pelindo III kembali melaksanakan pertemuan dengan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *