Home / Berita / Konsorsium WIKA Mengerjakan Proyek Pembangunan Pengaman Muara Sungai Ijo

Konsorsium WIKA Mengerjakan Proyek Pembangunan Pengaman Muara Sungai Ijo

Konsorsium PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. (WIKA) dan PT Bahagia Bangunnusa dipercaya Kementerian PUPR melalui SNVT Pelaksanaan Jaringan Sumber Daya Air Serayu Opak PPK Sungai dan Pantai untuk melaksanakan Proyek Pembangunan Pengaman Muara Sungai Ijo yang terletak di Kabupaten Cilacap dan Kabupaten Kebumen Provinsi Jawa Tengah.

Sungai Ijo yang bermuara di garis Pantai Selatan Pulau Jawa memiliki potensi perubahan morfologi sungai akibat adanya transport sedimen sehingga dibutuhkan bangunan pengaman untuk mengatasi potensi masalah tersebut.

Saat ini Muara Sungai Ijo dikembangkan untuk Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) Logending yang mulai dibangun pada tahun 2012. Akibat dari adanya proses sedimentasi dari laut dan sungai, kapal-kapal besar tidak dapat berlabuh di Muara Sungai Ijo dan efek lain dari pendangkalan terjadinya limpahan banjir di sekitar Sungai Ijo.

Proyek ini telah dimulai pada 12 Desember 2017 dan ditargetkan selesai Akhir Desember 2019 mendatang.

Sampai dengan saat ini progress proyek mencapai 42.256%. Pada proyek Pengaman Muara Sungai Ijo lingkup pekerjaan WIKA meliputi pembuatan tetrapod dan blok beton, pemasangan tetrapod dan blok beton serta pekerjaan muara seperti galian sedimen dan pekerjaan buangan galian sedimen.

Sumber Wijaya Karya / koranbumn

Check Also

Pelindo Sambut Hangat Tamu Negara Peserta ASEAN Port Association Meet 2019 di Yogyakarta ⁣

Total seribu atlet dan kontingen dari sembilan negara Asia Tenggara yang tergabung dalam ASEAN Ports …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *