Home / Berita / Kontribusi PLN Atasi Masalah Sampah Menginisiasi Berdirinya TOSS IP

Kontribusi PLN Atasi Masalah Sampah Menginisiasi Berdirinya TOSS IP

Kontribusi PLN atasi masalah sampah melalui Anak Perusahaannya PT Indonesia Power bersama dengan STT PLN menginisiasi berdirinya TOSS IP atau Tempat Olah Sampah Setempat Indonesia Power.

Program TOSS ini adalah sebuah program CSR Unggulan Indonesia Power melibatkan masyarakat untuk mengatasi permasalahan pengelolaan sampah di Desa Gunaksa, Kabupaten Klungkung, Bali.

Mitra Binaan Indonesia Power, yakni Komunitas Werdi Guna Desa Gunaksa berhasil mengumpulkan lebih dari 3.000 kilogram sampah per hari, berhasil diangkut ke TOSS Gunaksa yang kemudian dipilah dan diolah melalui proses peuyeumisasi, briketisasi / peletisasi, dan gasifikasi yang sekarang sudah bisa digunakan untuk memasak di lingkungan rumah tangga Gunaksa.

Selanjutnya ke depan dengan penambahan volume produksi pelet yang dihasilkan pun akan dimanfaatkan untuk campuran low rank coal bahan bakar PLTU Jeranjang di Lombok.

“Dengan adanya program TOSS ini, bisa meningkatkan kesadaran warga Gunaksa khususnya dalam pengelolaan sampah disamping juga masyarakat mendapat manfaat ekonomi yaitu berkurangnya biaya rumah tangga untuk membeli gas elpiji yang sudah bisa diganti dengan pelet hasil TOSS IP ini”, ujar Maryani Local Hero TOSS Gunaksa.

Sampah di Bali dengan TOSS IP berhasil mengubah kehidupan masyarakat Klungkung menjadi lebih baik melalui listrik dan energi hijau.

Sumber InPLN

Check Also

Pasar Murah Petrokimia Gresik di Gerai Pertanian Petromart

Pasar Murah Petrokimia Gresik hadir di halaman gerai pertanian Petromart milik PG di Kec. Sukapura, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *