Home / Berita / Literasi ADHI : Girder berjenis U Box dan Box

Literasi ADHI : Girder berjenis U Box dan Box

Dengan menggunakan girder berjenis U Box dan Box, struktur longspan pada LRT Jabodebek dibangun dengan tiga metode. Salah satunya dengan sistem peluncur atau launching gantry. Launching Gantry terdiri dari kaki pendukung untuk gerakan longitudinal, kaki depan dan kaki belakang sebagai penopangnya, Lifting Troley sebagai pengangkat girder, Dropping Troley untuk meletakan girder, serta sistem hidraulik dan kelistrikan.

Setelah launching gantry terpasang, dari multi axle truck girder diangkat dengan lifting troley dan diposisikan sejajar antara satu dengan yang lain. Kemudian, penegang sementara dipasangkan di concrete lifter pada bagian dalam girder. Penegang ini berfungsi sebagai jangkar antar girder. Girder lalu direkatkan dengan olesan epoksi dan dilakukan stressing atau penarikan dengan hidraulik.

Setelah rangkaian girder sudah terpasang, selanjutnya adalah pemasangan strain atau kabel penegang permanen yang diikuti dengan pemasangan anchor block, wedges serta hidraulik cains. Setelah semua terpasang dengan benar, penarikan permanen dilaksanakan. Kemudian, rangkaian girder yang dirakit lebih tinggi diturunkan dan disambungkan pada rangkaian segmen sesuai posisinya.

Sumber In ADHI /edit koranbumn.com

Check Also

Kinerja Tahun 2019, Laba BTN Anjlok Sebesar 92,55 Persen Hanya Tercatat Rp209 Miliar

Emiten perbankan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. mencatatkan laba bersih senilai Rp209,26 miliar pada …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *