Home / Berita / Literasi Adhi Karya : Pondasi

Literasi Adhi Karya : Pondasi

Memiliki informasi sebelum memilih sebuah pilihan sudah menjadi hal wajib yang kita lakukan. Sama halnya dengan membangun suatu bangunan. Pondasi yang kuat menjadi tahap awal yang memerlukan perencanaan matang dalam suatu proyek pembangunan.

Berbicara tentang pondasi, suatu struktur bangunan akan bertahan lama apabila memiliki pondasi yang kuat. Pondasi merupakan salah satu bagian struktur yang berfungsi meneruskan beban menuju lapisan tanah pendukung di bawahnya. Nah dalam pondasi, terdapat istilah daya dukung tanah. Lalu kenapa pondasi dan daya dukung tanah berhubungan?

Setiap bangunan memiliki jenis pondasi yang berbeda, berdasarkan daya dukung tanah tersebut. Contohnya seperti, tanah stabil dengan daya dukung baik, maka pondasinya hanya membutuhkan konstruksi sederhana seperti pondasi telapak untuk gedung bertingkat.

Apabila tanah keras dan terletak pada permukaan 2-3 meter di bawah permukaan tanah, maka jenis pondasinya adalah pondasi dangkal seperti pondasi jalur. Lalu, untuk tanah keras pada kedalaman 10 meter, dapat menggunakan pondasi tiang minipile yang termasuk dalam pondasi dalam. Kemudian, tanah keras pada kedalaman 20 meter, jenis pondasinya adalah pondasi tiang pancang atau pondasi bored pile.

Sumber Adhi Karya, edit koranbumn

Check Also

INALUM Leadership Camp I Batch 1

INALUM kembali menunjukkan kepeduliannya dalam sektor pendidikan. Sekitar 100 mahasiswa dari 3 Perguruan Tinggi Negeri …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *