Home / Berita / Literasi ADHI : Konsultan Pengawas

Literasi ADHI : Konsultan Pengawas

Dalam suatu proyek dengan skala besar biasanya terdapat konsultan pengawas dalam suatu proyek dengan skala besar biasanya terdapat konsultan pengawas yang ditugaskan oleh pemilik proyek untuk memantau progres dan proses pekerjaan yang dilakukan oleh kontraktor. Konsultan pengawas merupakan badan usaha atau perorangan yang ahli di bidang teknik sipil, arsitektur, mekanikal elektrikal, listrik dan bidang lainnya sesuai dengan kebutuhan suatu proyek. Hal ini dimaksudkan agar pembangunan suatu konstruksi dapat dikerjakan dengan baik sesuai dengan waktu dan anggaran yang telah ditentukan.

Konsultan pengawas merupakan badan usaha atau perorangan yang ahli di bidang teknik sipil, arsitektur, mekanikal elektrikal, listrik dan bidang lainnya sesuai dengan kebutuhan suatu proyek. Hal ini dimaksudkan agar pembangunan suatu konstruksi dapat dikerjakan dengan baik sesuai dengan waktu dan anggaran yang telah ditentukan.

Konsultan pengawas juga bertugas menyelenggarakan administrasi umum pelaksanaan kontrak kerja. Dengan menerbitkan laporan kemajuan proyek, memberikan saran dan pertimbangan kepada pemilik proyek, mengoreksi dan menyetujui shop drawing dari kontraktor, serta memilih dan menyetujui tipe dan merk material kebutuhan proyek.

Selain itu, konsultan pengawas berwenang melakukan perubahan dengan menerbitkan berita acara, menegur kontraktor bila terjadi penyimpangan dari kontrak kerja, hingga menghentikan pelaksanaan proyek.

Proyek LRT Jabodebek, ADHI juga didampingi oleh konsultan pengawas. Mereka di antaranya Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), OC Global, PT Perentjana Djaja, PT Raya Konsult, PT Indra Karya (Persero) dan SMEC. Para konsultan pengawas ini ditunjuk oleh Pemerintah untuk mengawasi pekerjaan ADHI. Mulai dari evaluasi teknis desain dan anggaran biaya, pelaksanaan pekerjaan, hingga pembayaran. Pengawasan ini dilakukan agar proyek LRT Jabodebek bisa berjalan sesuai kontrak dan perencanaan.

Sumber ADHI, edit koranbumn

Check Also

Jumlah Ideal Masih Dipelajari, OJK Pertimbangkan Batasi Jumlah P2P Lending terdaftar

Bisnis fintech peer to peer lending semakin bertumbuh sejak pertama industri ini diatur oleh Otortitas Jasa Keuangan (OJK) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *