Home / Berita / Literasi Adhi : Pemeliharaan Secara Rutin Jalan dan Jembatan

Literasi Adhi : Pemeliharaan Secara Rutin Jalan dan Jembatan

Dalam konstruksi jalan dan jembatan, pemeliharaan secara rutin menjadi salah satu hal yang perlu diutamakan. Pemeliharaan ini merupakan upaya untuk menjaga jalan yang dibangun agar tetap dalam kondisi baik dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Meski adanya pemeliharaan, jalan jembatan masih dapat mengalami kerusakan ataupun kerengangan.

Salah satu pemicu kerusakan jalan dapat disebabkan oleh cuaca yang ekstrim. Sebagai informasi, musuh utama aspal adalah air, sifat air ini dapat melonggarkan ikatan antara agregat dengan aspal. Pada saat ikatan aspal longgar, kendaraan yang melintas di atas jalan tersebut memberi beban yang sifatnya dapat merusak ikatan.

Selain itu, jalan juga dapat mengalami kerenggangan yang disebabkan rusaknya sambungan siar muai (expansion joint). Siar muai merupakan salah satu jenis sambungan yang sering digunakan untuk menyambung beton jembatan.

Hadirnya expansion joint memberikan keamanan dan kenyamanan pada pengguna jalan. Kerusakan pada siar muai biasanya disebabkan karena beban tonase kendaraan yang melintas, melebihi kapasitas yang diizinkan atau bisa juga terjadi karena proses pelaksanaan tidak sempurna yang menyebabkan air masuk ke dalam siar muai.

Sumber ADHI / edit koranbumn

Check Also

Pertamina Sepakat Beli Minyak Mentah Exxonmobil

PT Pertamina (Persero) sepakat menyerap minyak mentah (crude) jatah Exxonmobil hingga 650.000 barel dari lapangan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *