Home / Berita / Literasi ADHI : “Scaffolding”

Literasi ADHI : “Scaffolding”

Kali ini, ADHI akan bercerita mengenai standar kekuatan yang dibutuhkan untuk membuat scaffolding atau perancah, khususnya pada proyek konstruksi khususnya pada LRT Jabodebek.

Dalam membuat scaffolding, dibutuhkan keterampilan dan ketelitian yang cukup tinggi untuk dapat menghitung jumlah kebutuhan scaffolding dengan benar. Secara garis besar, luas scaffolding yang standar berukuran 1,2 x 1,8 m dengan tinggi 1,7 m atau dapat menyesuaikan jack-base (alas kaki dari scaffolding) dan u-head (bagian atas scaffolding yang berfungsi menyangga konstruksi di atasnya).

Untuk scaffolding penggunaan ringan (Light Duty), biasanya memiliki beban maksimum sebesar 225 kg/Bay. Kemudian pada scaffolding penggunaan sedang (Medium Duty), beban maksimumnya sebesar 450 kg/Bay. Sedangkan pada sccaffolding penggunaan berat (Heavy Duty), beban maksimumnya mencapai 675 kg/Bay. Bay merupakan luas bidang mendatar dibatasi oleh 4 buah pipa tegak lurus pada perancah yang meneruskan berat beban terhadap lantai atau landasan yang saling berdekatan.

Sumber InADHI / edit koranbumn.com

Check Also

Jasa Marga Kejar Target Pembangunan Ruas Tol Manado – Bitung, Sulawesi Utara.

 PT Jasa Marga (Persero) Tbk., melalui entitas anak PT Jasamarga Manado Bitung, tengah mengejar target …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *