Home / Berita / Literasi ADHI : Sistem Struktur Bangunan Shear Wall

Literasi ADHI : Sistem Struktur Bangunan Shear Wall

Dalam merancang bangunan tinggi, hal terpenting yang perlu diperhatikan adalah merancang struktur bangunan agar dapat berdiri kuat dan kokoh. Untuk mendukung hal tersebut, sering kali proyek bangunan tinggi menggunakan sistem struktur “shear wall” atau dikenal juga sebagai dinding geser.

Shear wall atau dinding geser adalah salah satu bagian struktur yang memiliki bentuk beton bertulang. Shear wall berfungsi menahan gaya geser, gaya lateral akibat gempa bumi, serta menahan gaya lainnya pada gedung bertingkat. Shear wall mampu memberikan kekuatan lateral yang diperlukan untuk melawan kekuatan gempa horizontal. Saat dinding geser cukup kuat, maka dinding dapat menyalurkan gaya horizontal ke elemen berikutnya, seperti ke dinding geser lainnya, ke lantai, ke pondasi dinding, juga ke lembaran atau footings.

Penempatan shear wall tergantung dari beberapa faktor, seperti tingkat simetrisitas bangunan, tinggi bangunan dan desain perencanaan. Nah, penentuan lokasi dan perhitungan shear wall umumnya berdasarkan perencanaan yang kuat.

Sumber AdhiKarya Edit koranbumn

Check Also

JPPI Selenggarakan Risk Maturity Level Assesment

Divisi Manajemen Risiko PTJasa Peralatan Pelabuhan Indonesia ( JPPI ), anak usaha Pelindo II selenggarakan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *