Home / Berita / Literasi ADHI : Tahapan Pengecoran Beton

Literasi ADHI : Tahapan Pengecoran Beton

Kali ini ADHI akan bercerita tentang tahapan pengecoran beton. Sebelum memulai pengecoran, perlu diketahui bahwa kegiatan pengecoran tidak boleh dilakukan apabila cuaca hujan atau ketika ada cairan yang mengenai area pengecoran. Selain itu, perlu menjaga temperatur material yang digunakan, dengan temperatur tingkat yang serendah mungkin dan harus dijaga agar selalu di bawah 30 derajat sepanjang waktu pengecoran.

Tepat setelah pengadukan beton selesai, segera tuang adukan beton menuju bekisting, sebelum beton mulai mengeras. Untuk menghindari segrasi selama pengecoran, beton harus dicor secara vertikal dengan jarak kurang dari 150 cm. Selain itu, untuk menjamin sifat kedap air, penuangan dilakukan tanpa henti sampai construction joint atau sambungan konstruksi dan beton dipindahkan mengikuti posisinya tanpa perlu dialirkan menuju posisi pengecoran. Pada pekerjaan tangga, dimulai dari anak tangga terbawah.

Lakukan slump test selama pengecoran untuk menjamin nilai air sesuai dengan mix design. Padatkan beton dengan alat vibrator agar semua sudut terisi, ratakan permukaannya dengan alat garuk cor dan jidar. Tahap selanjutnya adalah perawatan dan pengecekan hasil pengecoran.

Sumber ADHI / edit koranbumn

Check Also

Pujasera di Rest Area Jagorawi Kompak Beralih Gunakan Tabung LPG Pink

Pertamina targetkan 65 tabung LPG (Liquefied Petroleoum Gas) Bright Gas akan digunakan oleh pengusaha kuliner …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *